4 Kebiasaan Sepele yang Bikin Motor Anda Cepat Rusak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Berkendara Sepeda Motor
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sepeda motor memang menjadi pilihan terbaik untuk menembus kemacetan di ibu kota. Apalagi selama Ramadhan ini, dimana jalan-jalan menjadi super padat menjelang jam berbuka puasa.

Namun sayangnya, banyak pemilik sering melakukan kesalahan sepele yang berpotensi merusak sepeda motor. Berikut ini rincian kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pengendara motor.

Mencuci Motor di bawah sinar mentari

Kebanyakan orang mencuci motornya di bawah terik matahari dengan tujuan motor cepat kering. Namun hal ini ternyata salah besar. Cuci motor di bawah terik matahari bisa membuat warna bodi motor belang. Apalagi, kamu menggunakan sabun yang bukan untuk khusus motor.

Menggunakan sparepart palsu

Si penjual pun sering mengklaim sparepart KW tidak jauh beda kualitasnya dengan sparepart asli. Tanpa disadari, motor bisa lebih mudah rusak. Walhasil Anda bisa lebih banyak mengeluarkan uang untuk perbaikan.

Menunda isi angin ban

Ban terasa aneh, motor pun menjadi kurang stabil saat melaju kencang. Biasanya, hal ini diakibatkan kurangnya tekanan angin pada ban. Ban kurang angin bisa membuat permukaannya terkoyak dan pelek bengkok.

Memakai bensin oplosan

Biasanya ini dilakukan oleh orang-orang yang ingin berhemat. Hal ini disebabkan oleh bensin oplosan bukanlah bensin murni dan sudah dioplos dengan bahan lain. Kalau dibiarkan terus menerus, mesin motor akan rusak dan menimbulkan korosi.

Populer video

Berita lainnya