Catat! Ini yang Mesti Dilakukan Jika Mengalami Pelecehan Seksual

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Pelecehan Seksual
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pelecehan seksual merupakan tindakan yang bernuansa seksual, baik melalui kontak fisik maupun non-fisik. Ada banyak tindakan yang masuk dalam kategori pelecehan seksual. Mulai dari siulan, main mata, mempertunjukkan konten berbau pornografi, gerakan tubuh yang bersifat seksual, hingga komentar dan ucapan bernuansa seksual.

Dalam beberapa kasus, kebanyakan korban pelecehan seksual memilih untuk diam dan tidak melawan. Padahal, menjadi korban pelecehan seksual harus berani speak up, mengingat dampak jangka pendek maupun dampak dalam waktu yang panjang dari kebiasaan ini bisa sangat mengganggu dan merusak. Melansir laman halodoc, ini beberapa tips yang bisa dilakukan para korban saat menghadapi pelaku pelecehan seksual.

Minta Pelaku Berhenti

Coba untuk memberitahu dan meminta pelaku untuk berhenti. Ini terbilang sulit dan tak serta merta membuat mereka seketika menghentikannya. Namun, ini adalah salah satu bentuk langkah awal pertahanan diri jika mendapatkan serangan.

Ceritakan Pada Orang Terdekat

Saat mengalami pelecehan seksual, jangan pernah merasa menjadi satu-satunya orang yang menanggung hal tersebut. Cobalah menceritakan apa yang dialami kepada orang terdekat atau orang yang dipercaya untuk mendapatkan sedikit rasa tenang. Dengan demikian, Anda bisa mengajak orang tersebut untuk mendiskusikan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Segera Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Setelah merasa sedikit tenang, bangun kembali keberanian Anda. Hal ini bisa dimulai dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan ikut konseling. Tujuannya agar pikiran menjadi lebih tenang sehingga terhindar dari depresi atau gangguan mental lain pasca mengalami pelecehan.

Melapor ke Pihak Berwenang

Bagi sebagian orang, mengalami pelecehan seksual mungkin dirasa memalukan sehingga enggan melaporkannya kepada pihak berwenang. Padahal, dengan melaporkan pengalaman pelecehan seksual yang dialami bisa membantu mengurangi kasus-kasus serupa terulang kembali. Agar lebih mudah, mintalah bantuan dari keluarga dekat atau sahabat untuk memproses laporan tersebut.

Populer video

Berita lainnya