Cegah Rasa Kantuk saat Puasa, Simak Tips Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Mengatur Jam Tidur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Biasanya, Anda akan mudah merasa ngantuk saat puasa. Hal ini disebabkan oleh perubahan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh yang mengatur siklus bangun-tidur pada manusia. Selain itu, perubahan jam tidur saat puasa juga disebabkan oleh aktivitas makan dan interaksi sosial yang lebih sering terjadi pada malam hari. Oleh karena itu, penting untuk mengatur jam tidur saat puasa Ramadan. Melansir laman hellosehat, simak tips berikut ini.

Sempatkan tidur siang

Tubuh yang lemas merupakan hal yang wajar saat berpuasa. Untuk mengisi energi dan fokus kembali, Anda bisa melakukan power nap saat jam istirahat kerja. Power nap merupakan tidur siang selama 20 hingga 30 menit. Durasi ini cukup ideal sesuai jam istirahat yang memberikan manfaat tidur siang secara optimal. Namun ada baiknya mengatur alarm, untuk mencegah tidur berlebihan.

Cukupi jam tidur malam

Cobalah untuk tidur malam yang cukup setidaknya selama 4 jam. Hindari untuk tidak melakukan aktivitas lain seperti jalan-jalan atau begadang setelahnya agar jam tidur Anda saat puasa tidak terganggu.

Tidur dan bangun pada jam yang sama

Selama bulan Ramadan, Anda mungkin perlu mengatur ulang jam biologis tubuh dengan cara merencanakan rutinitas tidur harian. Jadwal tidur yang tepat waktu merupakan salah satu langkah awal untuk memperoleh kualitas tidur yang baik saat puasa Ramadan.

Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Agar jam tidur saat puasa tidak terganggu, Anda juga perlu mengatur kamar tidur yang nyaman. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara mematikan lampu kamar tidur. Selain itu, jauhkan diri dari perangkat elektronik, seperti TV, laptop, atau ponsel. Sebab, paparan cahaya dari benda-benda tersebut bisa mengurangi produksi melatonin yang berperan dalam mekanisme tidur.

Perhatikan asupan makanan dan minuman

Hindari mengonsumsi makanan tinggi kalori, manis, atau berlemak. Jenis makanan ini membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih keras untuk mencerna makanan.

Makanan pedas saat berbuka juga bisa menyebabkan heartburn. Kondisi ini yang justru mengganggu jam tidur Anda saat puasa Ramadan. Selain itu, asupan kafein dari kopi atau teh selama beberapa jam sebelum tidur juga bisa membuat kualitas tidur Anda menurun.

Rutin olahraga

Puasa bukan menjadi alasan bagi Anda untuk tidak berolahraga. Namun, pilihlah olahraga yang tepat seperti jalan kaki atau jogging dengan intensitas ringan. Jangan lupa juga untuk memilih waktu olahraga saat puasa yang tepat, yakni setelah sahur, sebelum berbuka puasa, atau setelah berbuka puasa.

Berhenti merokok

Sebuah studi dalam jurnal Sleep Health (2020) menemukan bahwa kebiasaan merokok pada malam hari terkait dengan insomnia dan waktu tidur yang berkurang. Berhenti merokok tentu jadi satu-satunya cara ampuh menghindari dampak buruk rokok ini.

Populer video

Berita lainnya