Solusi Mata Merah Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mata Merah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Di masa pandemi ini, kebanyakan orang lebih sering menghabiskan waktunya di depan layar gadget atau laptop. Ya, tak bisa ditawar lagi, demi memutus rantai virus COVID-19, banyak aktifitas yang harus dilakukan secara online. Mulai dari rapat, hingga proses belajar mengajar.

Bila dilakukan dalam waktu lama, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan, khususnya mata. Apalagi jika Anda termasuk yang hobi bermain game, baik di handphone, konsol ataupun komputer. Mata yang menatap layar dalam waktu lama membuatnya kurang mendapatkan lubrikasi dari air mata. Akibatnya, mata akan terlihat merah karena adanya pelebaran pembuluh darah kecil yang terletak pada mata.

Nah, ada beberapa pencegahan atau cara mengobati mata merah yang mudah dilakukan. Melansir laman klikdokter, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan di rumah.

Kurangi waktu di depan layar

Batasi waktu anda di depan layar gadget atau komputer. Apalagi buat Anda yang hobi bermain game, baik di handphone, konsol, atau komputer setiap harinya. Jangan sampai mata menjadi lebih lelah, terlebih lantaran bermain game.

Istirahat sejenak

Istirahatkan mata sejenak setiap beberapa waktu. Sebab, mata memerlukan istirahat setiap digunakan. Anda dapat melihat ke arah yang lebih jauh dan hijau seperti pepohonan, serta berkedip lebih sering agar kelembapan mata kembali.

Gunakan obat tetes mata

Obat tetes mata adalah cairan yang digunakan untuk berbagai kondisi mata, seperti mata merah dan setelah operasi mata. Tetes mata biasanya mengandung saline sebagai bahan dasar. Tergantung pada tujuan penggunaannya, obat tetes mata juga dapat mengandung pelumas air mata buatan, atau zat anti-kemerahan, serta obat-obatan.

Populer video

Berita lainnya