Olahraga Aerobik yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Apa Saja?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Berenang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Olahraga aerobik merupakan jenis latihan fisik efektif yang dapat membantu menurunkan berat badan. olahraga cukup direkomendasikan karena memiliki variasi banyak dan cukup menyenangkan.

Olahraga aerobik juga terbagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing mampu membakar kalori tubuh dalam jumlah yang berbeda. Melansir laman halodoc, ada berbagai macam olahraga aerobik yang bisa dicoba untuk memangkas bobot tubuh.

Berenang

Meski dilakukan di air dan terasa tidak membuat tubuh berkeringat, kalori yang dibakar tubuh saat melakukan olahraga satu ini cukup besar.

Tak hanya efektif untuk membakar kalori, berenang juga menjadi jenis olahraga aerobik yang direkomendasikan untuk kamu yang memiliki masalah sendi dan mengalami cedera.

Bersepeda

Olahraga yang cukup populer beberapa waktu belakangan ini tak harus dilakukan di luar rumah. Anda juga bisa menggunakan sepeda statis untuk melakukannya di dalam rumah.

Bersepeda di luar ruangan selama kurang lebih 30 menit akan menyumbang kalori sebesar 280 sampai 360 kalori. Sementara itu, menggunakan sepeda statis dalam durasi yang sama membakar kalori tubuh sebanyak 250 sampai 280 kalori.

Jalan kaki

Olahraga aerobik ringan ini efektif untuk menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin. Hanya berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, tubuh telah membakar kalori sebanyak 167 kkal. Jika sudah membiasakan untuk melakukan aktivitas ini, Anda bisa menambahkan durasi jalan kaki menjadi lebih lama.

Senam

Aktivitas ini dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, sehingga kerja jantung untuk memompa darah menjadi lebih optimal. Terlebih dengan adanya musik yang pastinya membuat kamu lebih semangat bergerak.

Joging

Joging atau lari pelan yang dapat membakar kalori tubuh sebanyak 300 sampai 700 kkal hanya dalam waktu 30 menit. Naamun, tergantung pada kecepatan dan intensitasnya.

Zumba

Zumba adalah pilihan latihan aerobik yang menyenangkan. Kamu tidak merasa seperti melakukan olahraga, karena gerakan yang dinamis dan melakukannya sambil mendengarkan musik.

Satu jam zumba akan membakar antara 300 dan 900 kalori. Hal ini tergantung seberapa effort dan bersemangat kamu bergerak. Melakukan zumba setidaknya 2 – 3 kali seminggu dengan kombinasi sesi latihan kekuatan plus diet, membantu mencapai target penurunan berat badan efektif.

Populer video

Berita lainnya