Ketahui Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Nasi Putih

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Nasi putih merupakan makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia. Saking pentingnya nasi putih, muncul anggapan belum dibilang makan jika belum mengonsumsi nasi putih. Apalagi banyak manfaat yang dapat dirasakan dari mengonsumsi nasi putih.

Di samping manfaat yang dapat dirasakan, ada juga efek samping dari terlalu banyak makan nasi putih. Seperti sebuah ungkapan, segala sesuatu yang berlebihan tidak pernah baik. Melansir laman halodoc, berikut efek samping bila terlalu banyak mengonsumsi nasi putih.

Meningkatkan gula darah

Nasi mengandung karbohidrat yang sebenarnya sama dengan gula. Jadi, terlalu seringnya mengonsumsinya bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

Tidak sesuai dengan pola diet seimbang

Mengonsumsi terlalu banyak nasi atau makanan tertentu lainnya dapat membatasi asupan nutrisi beragam. Seiring waktu tubuh akan mengalami kekurangan seperti vitamin A, zinc, besi.

Mencegah penyerapan vitamin dan mineral

Bila mengonsumsi nasi putih dalam jumlah besar, maka dapat mengurangi penyerapan nutrisi penting seperti zinc. Ketergantungan pada beras sebagai sumber makanan utama juga menyebabkan tubuh kelebihan karbohidrat dan kekurangan vitamin C.

Memengaruhi metabolisme glukosa dalam tubuh

Efek samping lainnya adalah gangguan metabolisme glukosa dan produksi insulin dalam tubuh. Gangguan ini dapat menyebabkan penambahan berat badan dan resistensi insulin.

Memicu sembelit

Makan terlalu banyak nasi juga bisa memicu sembelit. Apalagi jika tidak mengonsumsinya dengan serat dan jenis makanan bernutrisi lainnya. Sebab, variasi makanan dapat mendukung kesehatan pencernaan.

Populer video

Berita lainnya