Selain Air Putih, Ini 5 Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Minuman Sehat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat penting saat berolahraga. Hal ini perlu dilakukan sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Tentunya minuman yang dikonsumsi harus memiliki nilai gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Lantas, apa saja pilihan minuman yang baik setelah olahraga?

American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk minum 2-3 cangkir air selama dua hingga tiga jam sebelum olahraga. Tetaplah minum sekitar 1/2-1 cangkir air selama berolahraga. Hal yang sama juga perlu dilakukan bahkan setelah berolahraga. Anda disarankan meminum sekitar 2-3 cangkir air untuk setiap 0,5 kilogram berat badan yang hilang.

Nah, jika bosan dengan air putih, Anda bisa mencoba beberapa jenis minuman ini. Melansir laman helloSEHAT, berikut rekomendasi minuman setelah olahraga yang bernutrisi dan dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Air dengan perasan lemon

Minum air putih biasa mungkin terasa tawar dan membosankan. Anda bisa mencoba menambahkan sedikit perasan lemon untuk memberikan sensasi menyegarkan. Air dengan perasan lemon atau lemon water mengandung vitamin C dan flavonoid. Keduanya memiliki efek antioksidan kuat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Susu cokelat

Sejumlah studi menunjukkan manfaat minum susu setelah berolahraga, terutama susu cokelat yang mengandung karbohidrat dua kali lebih banyak dari susu putih biasa. Asupan karbohidrat dapat membantu menggantikan cadangan kalori (glikogen) yang hilang selama berolahraga. Protein susu juga membantu memulihkan otot tubuh yang kelelahan.

Kandungan mineral penting dalam susu, seperti kalsium, kalium, dan magnesium juga bisa membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit tubuh.

Smoothie

Buah pisang tergolong makanan terbaik setelah olahraga. Jenis buah yang mudah ditemukan ini dapat Anda jadikan smoothie yang lebih segar dan mudah dicerna. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah pisang membantu tubuh dalam memulihkan kondisi otot, terutama setelah menjalani latihan kekuatan otot. Hal ini berkat kandungan karbohidrat buah pisang yang membantu tubuh menyerap protein lebih baik.

Air kelapa

Sebuah studi dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa air kelapa sama manfaatnya dengan minuman olahraga berkat kandungan elektrolitnya yang tinggi. Dalam air kelapa terkandung kalium dan magnesium untuk menggantikan elektrolit yang hilang selama olahraga. Air kelapa juga mengandung nutrisi dan antioksidan alami yang tubuh butuhkan.

Teh

Minum secangkir teh ternyata tak hanya bisa bikin rileks di saat santai, tetapi juga bermanfaat dalam pemulihan tubuh setelah berolahraga. Asupan teh hijau dapat membantu pemulihan setelah olahraga karena aktivitas senyawa katekin yang berpotensi sebagai antioksidan. Senyawa antioksidan tersebut dapat mengurangi nyeri dan memulihkan kekuatan otot.

Selain itu, teh hijau atau teh hitam juga membantu oksidasi lemak. Proses ini membantu pemecahan lemak menjadi molekul yang lebih kecil yang digunakan sebagai cadangan energi.

Populer video

Berita lainnya