Bertahan hingga Akhir Bulan, Begini Cara Hemat Ala Anak Kos

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Hemat Anak Kos
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berhemat sepertinya sudah menjadi aturan tak tertulis bagi anak kos. Sehingga, mereka bisa berbagi antara biaya kebutuhan pokok seperti tempat tinggal, makan, dan lain sebagainya. Sebaliknya, gegabah dan boros di awal bulan, bisa berujung penyesalan di tanggal tua.

Nah, ketimbang mengeluhm ada banyak cara yang bisa dilakukan anak kost dalam berhemat dan mengatur pengeluaran. Yuk simak 4 lifehack hemat ala anak kos berikut ini:

Terapkan prioritas kebutuhan

Ketika sedang berpergian ke swalayan, terkadang Anda menginginkan suatu barang yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan. Tanpa disadari, kebiasaan ini akan membuat pengeluaran membengkak dan mempengaruhi budget untuk kebutuhan wajib lainnya.

Sebaiknya, ciptakan mindset pada diri sendiri untuk menetapkan prioritas pengeluaran. Selalu berpikir ulang sebelum membeli sesuatu di luar rencana. Tak kalah penting, utamakan alokasi pengeluaran di awal bulan untuk kebutuhan pokok terlebih dahulu.

Unsubscribe layanan digital berbayar yang jarang digunakan

Saat ini semakin banyak layanan hiburan digital berbayar yang ditawarkan, mulai dari platform musik, film, hingga fitur premium di dalam aplikasi games. Pada kenyataannya, hanya sebagian platform yang digunakan secara rutin.

Walaupun harganya terjangkau, namun jika dikalkulasikan secara keseluruhan, maka kebiasaan ini bisa menjadi sumber pengeluaran yang besar. Oleh karena itu, pertimbangkan kembali layanan mana yang jarang digunakan atau carilah alternatif platform yang menawarkan layanan serupa dengan kesempatan bebas akses.

Mencatat setiap pengeluaran

Pernahkah Anda kebablasan belanja di luar budget pengeluaran yang telah ditetapkan sebelumnya? Ketika tanggal gajian tiba atau saldo di rekening masih dalam batas aman, sering kali kita menjadi lupa diri untuk mengontrol besarnya pengeluaran. Cobalah untuk mencatat setiap pengeluaran agar Anda bisa dengan mudah menelusuri kembali berapa jumlah uang yang telah dibelanjakan, dan apakah sudah melewati batas maksimalnya.

Cari makan dengan harga terjangkau

Tuntutan berhemat harus dipenuhi, tapi rasa keinginan nongkrong bersama teman-teman sulit terelakkan. Supaya isi dompet tidak meronta-ronta, pilihlah restoran atau kafe dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu, Anda tetap bisa bersosialisasi bersama teman, tanpa harus membuat dompet menangis.

Populer video

Berita lainnya