Ini Tanda Anxiety Disorder yang Perlu Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Rasa Cemas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Munculnya rasa cemas merupakan hal yang wajar. Sebab, cemas atau perasaan khawatir adalah bentuk luapan emosi karena diri sedang merasa stres atau tertekan.

Meski begitu, perlu memerhatikan rasa cemas yang sedang Anda alami. Pasalnya, perasaan khawatir yang tidak mampu terkontrol dan berujung pada ketakutan tanpa sebab bukan sesuatu yang wajar. Bisa jadi, Anda sedang mengidap gangguan kecemasan, atau yang lebih sering disebut dengan anxiety disorder.

Gangguan kecemasan sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Gangguan Kecemasan Sosial, Gangguan Kecemasan Menyeluruh, serta Gangguan Panik. Lantas apa yang menjadi tanda anxiety disorder. Melansir laman halodoc, berikut penjelasannya.

Sulit Tidur

Sulit tidur seringkali dikaitkan dengan masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh, baik kesehatan fisik maupun mental. Pasalnya, sulit tidur hampir selalu terjadi pada seseorang yang sedang dilanda stres, tertekan, cemas, dan depresi. Jika Anda tidak bisa tidur selama berhari-hari karena perasaan khawatir tanpa sebab, bisa jadi kamu telah mengidap anxiety disorder.

Rasa Trauma

Sebuah studi mengemukakan bahwa salah satu tanda anxiety disorder yang sering terjadi adalah munculnya rasa trauma pada diri para pengidap. Umumnya, para pengidap akan sebisa mungkin menghindari semua hal yang bisa memicu munculnya rasa trauma tersebut agar tidak merasa ketakutan akan mengalami kejadian serupa.

Rasa Tegang pada Otot

Seseorang yang mengidap gangguan kecemasan akan sering mengalami tegang otot di beberapa bagian tubuhnya, seperti misalnya otot rahang yang mengeras dan sering mengepalkan tangan hingga gemetar. Ironisnya, terjadinya tanda anxiety disorder ini justru tidak disadari oleh pengidapnya hingga beberapa waktu kemudian. Ini menjadi cara bagi para pengidap untuk mengontrol rasa cemas yang berlebihan.

Sering Panik

Serangan panik juga menjadi salah satu gejala dari gangguan kecemasan. Biasanya, kondisi ini diikuti oleh jantung yang berdebar kencang, keluarnya keringat dingin pada tubuh, juga nyeri di bagian dada dan perut. Gejala ini bisa terjadi berulang kali dalam kurun waktu tertentu.

Rasa Takut yang Tidak Wajar

Setiap orang pasti memiliki rasa takut terhadap suatu hal. Namun rasa takut yang berlebihan dan tak wajar ini akan menuju ke arah fobia. Sebenarnya, fobia menjadi tanda anxiety disorder yang cukup serius, karena para pengidapnya cenderung merasa takut secara berlebihan terhadap suatu hal.

Populer video

Berita lainnya