Diteksi Sejak Dini, Apakah Anda Terjebak dalam Toxic Relationship?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Toxic Relationship
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Toxic relationship adalah di saat Anda menjalani sebuah hubungan asmara, dengan kondisi perasaan tidak bahagia. Tapi faktanya, banyak orang yang tidak menyadari terjebak dalam toxic relationship, lantaran rasa saya terhasap pasangan yang masih ada.

Namun, tanda-tamda toxic relationship sering kali tak terlihat, tergantung pada sifat hubungan sebuah pasangan. Saat berada di hubungan yang tidak sehat, Anda mungkin tidak mudah untuk melihat tanda bahaya.

Lantas bagaimana mengetahui bahwa Anda sedang terperangkap dalam toxic realtionship? Melansir laman Halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Kurang dapat dukungan pasangan

Hubungan yang sehat akan merasa bahagia jika melihat pasangannya berhasil. Namun ketika hubungan berubah menjadi ‘racun’, setiap pencapaian jadi seperti kompetisi. Dengan kata lain, waktu yang Ansa habiskan bersama pasangan tidak lagi terasa positif. Anda tidak merasa didukung atau didorong, serta tidak dapat mempercayai pasangan. 

Komunikasi tidak sehat

Anda berada dalam toxic relationship jika hanya ada sarkasme, kritik, dan penghinaan dalam komunikasi. Anda mungkin juga sering mendapati pasangan membuat komentar sinis tentangmu di depan teman atau keluarganya. Jika begitu ceritanya, maka waspada.

Muncul rasa cemburu

Cemburu sebenarnya adalah hal alami dalam setiap hubungan percintaan. Namun, ketika kecemburuan mengarah pada kecurigaan dan rasa tidak percaya yang terus menerus, maka itu dapat mengikis hubungan percintaan. 

Pasangan mengontrol prilaku

Pasangan yang toxic akan selalu bertanya di mana Anda berada. Mereka juga akan kesal atau jengkel ketika Anda tak cepat merespon pesan atau teleponnya. Perilaku ini biasanya berasal dari kecemburuan, atau berkurangnya kepercayaan. Namunbdisisi lain, ada upaya pengendalian yang disalahgunakan.

Tidak jujur

Jika sering berbohong tentang keberadaan Anda untuk menghindari pasangan, bisa jadi Anda berada dalam toxic relationship.

Stres terus menerus

Jika selalu gelisah meskipun sedang tidak menghadapi sumber stres dari luar, maka itu bisa menjadi indikator ada sesuatu yang salah dalam hubungan percintaanmu. Stres yang berkelanjutan ini dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental. Anda akan sering merasa kesulitan, kelelahan mental dan fisik, atau tidak sehat secara umum.

Kurang merawat diri

Dalam toxic relationship korban dari hubungan ini cenderung melepas kebiasaan perawatan diri yang biasa dilakukan. Walhasil, mereka mungkin tidak lagi melakukan hobi, menjaga kesehatan dengan baik. 

Sebaliknya, mereka malah akan mengorbankan waktu luang secara sia-sia. Hal ini mungkin terjadi karena Anda tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas lain, karena pasanganmu tidak setuju ketika Anda melakukan kegiatan sendiri.

Populer video

Berita lainnya