Begini Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kecantikan Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Panu disebabkan infeksi jamur Malassezia furfur. Panu membuat kulit kering, bersisik, gatal, dan berwarna lebih terang dari kulit di sekitarnya. Kebanyakan panu timbul di punggung, dada, dan perut. Namun, tidak jarang juga panu timbul di wajah.

Panu normalnya muncul di kulit yang banyak memproduksi minyak. Namun pertumbuhan jamur yang cepat dan tidak terkendali karena cuaca panas dan lembap akan menyebabkan muncul panu. Sistem kekebalan tubuh yang lemah, perubahan hormon, dan kurang jaga kebersihan diri juga bisa menjadi pemicu timbulnya panu.

Meski tidak menular, panu pada wajah bisa mengganggu penampilan hingga membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri. Bagi Anda yang memiliki panu di wajah, cobalah lakukan cara ini seperti dilansir dari laman Alodokter.

Madu

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa madu dapat meringankan gejala panu. Manfaat tersebut diperoleh karena madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga mampu menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu.

Untuk menerapkan cara menghilangkan panu di wajah, Anda dapat mengoleskan campuran larutan madu dan minya zaitun ke wajah.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan saponin dan acemannan dalam lidah buaya yang bersifat antijamur. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai cara menghilangkan panu di wajah, Anda perlu mencuci bersih lidah buaya terlebih dahulu. Lalu ambil daging buahnya, haluskan, dan oleskan secara merata ke wajah.

Kunyit

Kunyiy juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu di wajah karena tanaman rimpang ini bersifat antibakteri dan antijamur.
Kunyit mengandung minyak atsiri dan kurkumin yang berperan menghambat pertumbuhan jamur.

Tidak hanya itu, ekstrak kunyit juga dapat mengurangi gatal dan meratakan warna kulit.
Anda dapat membuat masker dari ekstrak atau bubuk kunyit. Caranya dengan campurkan bubuk atau ekstrak kunyit dengan air hingga mengental seperti selai, kemudian oleskanlah secara merata ke kulit wajah.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal akan ragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengatasi infeksi jamur. Mengoleskan minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan panu di wajah Anda.

Anda bisa langsung mengoleskan minyak kelapa murni ke area kulit yang berpanu untuk menghambat pertumbuhan jamur sekaligus melembapkan kulit.

Cuka apel

Manfaat cuka apel untuk mengatasi panu di wajah karena cuka apel dibuat dari proses fermentasi sari apel, ragi, dan bakteri baik. Proses fermentasi menghasilkan asam asetat yang bersifat antibakteri dan antijamur.

Untuk mengatasi infeksi jamur, Anda bisa melarutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air. Celupkan kapas ke dalam larutan cuka dan oleskan dulu pada tangan. Jika tidak menimbulkan gejala iritasi, Anda bisa mengoleskannya ke wajah yang berpanu.

Populer video

Berita lainnya