Cara Meninggikan Badan dengan Cepat dan Efektif

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Tinggi Badan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki tinggi badan ideal tentu menjadi dambaan setiap orang. Tak heran jika banyak orang mencari cara untuk meninggikan badan dengan cepat dan mudah.

Namun perlu diingat, pertumbuhan tinggi seseorang biasanya berhenti setelah melewati usia pubertas. Dengan kata lain, setelah melewati usia tersebut tidak tidak ada cara instan untuk menambah tinggi badan secara signifikan.

Nah, jika Anda masih dalam usia pertumbuhan, ada beberapa cara meninggikan badan dengan cepat dan efektif. Melansir laman halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang

Cara meninggikan badan yang pertama dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Terutama makanan yang kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D. Sebab, baik antara kalsium dan vitamin D, keduanya sangat bagus untuk kesehatan sekaligus pertumbuhan tulang.

Asupan vitamin D dapat kamu peroleh dari ikan tuna, salmon, susu fortifikasi, dan kuning telur. Namun jika kamu tidak mendapatkan cukup vitamin D dalam makanan, bicarakan dengan dokter tentang konsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan harian.

Konsumsi suplemen dengan cermat

Penggunaan suplemen untuk menambah tinggi badan mungkin cocok hanya pada beberapa kasus. Sementara bagi orang dewasa yang lebih tua mungkin disarankan mengonsumsi suplemen vitamin D atau kalsium untuk mengurangi risiko osteoporosis.

Sementara itu, dalam banyak kasus lainnya, Anda harus menghindari konsumsi suplemen yang menjanjikan pertumbuhan tinggi badan. Sebab, setelah masa pertumbuhan selesai, penambahan tinggi badan tidak dapat terjadi.

Tidur cukup

Seringkali kurang tidur dapat menghambat penambahan tinggi badan dalam jangka panjang. Namun, jika selama masa remaja seseorang tidak mendapatkan cukup tidur, hal itu dapat menyebabkan komplikasi. Pasalnya, tubuh melepas HGH saat tidur. Produksi hormon tersebut dan lainnya bisa turun jika kamu tidak cukup tidur.

Meninggikan badan dengan perbaiki postur tubuh

Seiring bertambahnya usia, postur tubuh berpotensi semakin membungkuk. Kondisi ini dapat membuat seseorang terlihat lebih pendek. Seiring berjalan waktu, tubuh yang membungkuk dapat memengaruhi tinggi badan yang sebenarnya.

Maka itu, penting untuk memerhatikan cara berdiri, duduk, dan tidur. Bicarakan dengan dokter tentang bagaimana cara memperbaiki postur tubuh yang baik.

Rutin olahraga

Olahraga secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya memperkuat otot dan tulang pada tubuh yang berkaitan dengan pertumbuhan tinggi.

Maka dari itu, anak-anak atau remaja di sekolah harus berolahraga setidaknya satu jam sehari. Beberapa olahraga yang dapat meninggikan badan yaitu berenang, bersepeda, yoga, dan basket.

Populer video

Berita lainnya