Manfaat Minum Air Es untuk Tubuh, Apa Saja?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Minum Air Putih
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak masyarakat yang menganggap minum air es tidak baik untuk kesehatan. Tak sedikit yang menganggap es sebagai biang penyebab batuk dan pilek. Itu sebabnya pada orang tua umumnya melarang anak-anak mereka minum es.

Padahal, minuman air es memiliki beberapa manfaat untuk tubuh. Melasir ners.unair.ac.id, air es sama halnya dengan air putih yang punya banyak manfaat. Minum air es menjadi salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan air putih harian yakni sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari. Berikut beberapa manfaat dari minim air es.

Menurunkan berat badan

Minum air es dipercaya dapat menurunkan berat badan. Pasalnya, ketika meminum air es, tubuh akan bekerja untuk menghangatkannya agar sesuai dengan suhu di dalam tubuh. Proses ini dapat membakar kalori yang bisa menunjang metabolisme tubuh.

Meredakan demam dan sakit tenggorokan

Ketika demam dan sakit tenggorokan, banyak orang yang justru menghindari minum air es. Padahal, suhu panas di dalam tubuh dapat diredakan dengan meminum air es serta mengenakan pakaian yang nyaman. Minum air es saat demam dan sakit tenggorokan dapat mengurangi dehidrasi dan nyeri pada tubuh.

Pengganti cairan setelah olahraga

Minum air es dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang terbuang setelah melakukan olahraga. Selain itu, air juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan meringankan rasa lelah setelah berolahraga.

Meringankan nyeri otot

Saat mengalami nyeri otot karena keseleo, Anda bisa mengompres bagian yang nyeri dan bengkak dengan kain yang dibasahi air es. Cara ini visa mengurangi pembengkakan dan nyeri. Selain dengan air es, Anda bisa juga selingi dengan kompres air hangat untuk melancarkan aliran darah pada otot.

Menjaga kesehatan kulit

Kulit akan terasa terasa kasar, kering, dan kehilangan elastisitasnya jika tidak terhidrasi dengan baik. Minum air putih atau air es yang cukup bisa menjaga kesehatan kulit. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mandi air es atau air dingin dapat meningkatkan aliran darah pada kulit, sehingga kulit tampak lebih lembap dan segar. 

Populer video

Berita lainnya