Flek Hitam Membandel di Wajah Bikin gak Pede, Begini Cara Menghilangkannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kecantikan Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Flek hitam di wajah bisa muncul karena paparan sinar matahari berlebih, bekas jerawat, atau efek samping penggunaan obat-obatan tertentu. Kondis itu meningkatkan produksi menalin yang menyebabkan terjadinya flek hitam di wajah.

Flek hitam yang ringan umumnya dapat diatasi menggunakan krim berbahan dasar asam glikolat dan asam kojic. Namun, sering kali flek hitam yang muncul tak kunjung hilang menggunakam krim tersebut.

Jika begitu, cara menghilangkan flek hitam di wajah membandel bisa menggunakan perawatan medis yang hanya boleh dilakukan oleh dokter. Perawatan ini dilakukan untuk mengelupas kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat. Melansir laman Alodokter, ini  beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel.

Chemical pelling

Prosedur ini dilakukan menggunakan cairan kimia, seperti asam salisilat, asam trikloroasetat, atau asam glikolat. Bahan-bahan itu mampu mengikis lapisan kulit, sehingga flek hitam menghilang dan warna kulit jadi lebih merata.

Setelah menjalani prosesur chemical pelling, kulit mungkin akan terasa perih dan memerah. Ini merupakan efek samping yang umum terjadi. Guna melindungi kulit yang lebih sensitif setelah menjalani perawatan ini, oleskanlah selalu tabir surya saat akan berakitivtas di luar ruangan pada siang hari.

Terapi laser

Prosedur terapi laser dilakukan untuk merusak sel penghasil melanin dan merangsang pembentukan kolagen, sehingga flek hitam akan memudar. Selain itu, kulit akan tetap kenyal dan tampak muda, serta lebih cerah. Biasanya, hanya diperlukan 1–3 sesi agar cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel ini bekerja secara maksimal.

Intense pulsed light (IPL)

Metode ini lebih dikenal dengan manfaatnya dalam menghilangkan bulu, tetapi IPL juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam dan mengurangi kerutan di wajah.

IPL dilakukan dengan menembakkan cahaya pada gelombang tertentu, menghancurkan flek hitam di wajah. Dengan demikian, flek hitam yang membandel akan memudar. Anda akan mendapatkan wajah yang cerah dan bebas kerutan.

Mikrodermabrasi

Metode ini juga menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Terapi ini bertujuan untuk mengikis dan mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan produksi sel kulit baru. Gu a hasil yang maksimal, terapi ini perlu dilakukan sebanyak 2 kali dalam 1 minggu selama 16 minggu berturut-turut.

Cryosurgery

Prosedur operasi ini dilakukan menggunakan cairan nitrogen dengan suhu rendah, untuk membekukan dan mematikan sel penyebab felk hitam. Dengan begitu, kulit akan terkelupas dan flek hitam pun memudar. L

Cryosurgery memiliki efek samping, seperti nyeri, kemerahan, dan bengkak, yang terjadi untuk sementara waktu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sebagian besar efek samping cryosurgery akan sembuh dengan sendirinya.

Populer video

Berita lainnya