Etika dan Cara Makan yang Baik untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Makan Bersama
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Etika cara makan yang baik dan benar dapat membentuk ikatan dalam sebuah hubungan sosial maupun profesional. Oleh karena itu, cara makan yang benar adalah sesuatu yang harus diperhatikan, apalagi ketika Anda mengajari anak etika makan yang baik. Ternyata, etika makan yang benar juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Seperti apa cara makan yang benar? Melansir laman hellosehat, berikut ulasannya.

Mencuci tangan dan membersihkan wajah

Cobalah biasakan untuk mandi sebelum makan malam. Hal ini tidak hanya menunjukkan rasa hormat kepada orang yang menyiapkan makanan, tetapi juga merupakan kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan. Apalagi di masa pandemi COVID-19 dan merebaknya varian virus corona. Cuci tangan dapat membersihkan kuman yang menempel di telapak tangan, seperti virus dan bakteri, sehingga dapat mencegah penyebaran penyakit infeksi.

Tidak makan terburu-buru

Meski sedang lapar atau ingin segera mencoba makanan yang disajikan, jangan pernah makan terlalu cepat. Sebaiknya makan dengan kecepatan sedang sehingga orang lain yang makan bersama Anda dapat menyelesaikan makanan mereka pada waktu yang sama. Setelah selesai, sejajarkan peralatan makan Anda di piring sebagai tanda Anda usai menyantap makanan.

Hindari mengecap saat makan

Disadari atau tidak, mungkin Anda pernah mengunyah makanan sampai timbul suara mengecap. Ini adalah sesuatu yang harus dihindari saat makan dengan orang lain. Pasalnya, ini sesuatu yang dilakukan banyak orang secara tidak sengaja.

Mengunyah dengan mulut tertutup mungkin akan sulit bagi anak yang masih sangat kecil. Oleh karena itu, mungkin perlu beberapa tahun bagi anak Anda untuk bisa mengunyah dengan baik.

Jauhkan ponsel saat makan

Saat berada di meja makan, sebaiknya matikan atau singkirkan ponsel dari meja makan. Hal ini bertujuan agar setiap orang dapat berinteraksi satu sama lain saat makan atau tidak sibuk dengan ponsel masing-masing. Selain itu, penelitian dalam jurnal Maternal & Child Nutrition menyebut bermain ponsel saat makan menyebabkan seseorang menjadi lebih banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak.

Tidak beranjak sebelum diizinkan

Perlu untuk mengajarkan anak untuk menunggu orang lain selesai makan. Meski begitu, Anda perlu memaklumi jika anak tidak sabar untuk segera beranjak dari meja makan setelah selesai makan. Jika anak Anda selesai makan sebelum semua orang lain yang berada di meja, mintalah ia duduk selama beberapa menit untuk menghormati.

Meminta dan menolak makanan dengan sopan

Anda dapat mengajari anak untuk mengungkapkan keinginan mereka dengan kata-kata seperti “tolong”, “terima kasih”, dan “maaf”. Hal ini berlaku ketika anak sulit mengambil makanan tertentu di meja makan sehingga mereka perlu minta bantuan orang lain.

Populer video

Berita lainnya