Simak Cara Melatih Diri Agar Memiliki Pemikiran yang Terbuka Alias Open Minded

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Open Minded
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda sering mendengar istilah open minded? Menjadi pertanyaan, apakah artinya? Ya, open minded adalah kemampuan berpikir terbuka yang ada pada diri seseorang terhadap semua bentuk informasi, gagasan, opini, ide, dan argumen. Kemampuan ini akan membuat seseorang bisa lebih rasional, kritis, dan mudah mendapatkan solusi saat menghadapi masalah.

Memiliki pemikiran yang terbuka juga membuat kamu lebih mudah mendapatkan pengalaman dan wawasan baru, serta menjalin relasi yang lebih baik. Umumnya, seseorang dengan pola pikir terbuka akan memiliki beberapa ciri khas seperti:

  • Sangat terbuka dengan pendapat, gagasan, ide, argumen, dan pemikiran orang lain.
  • Tidak takut mengemukakan pendapat dan pemikiran sendiri.
  • Berani untuk mengambil risiko.
  • Punya rasa empati dan sikap rendah hati yang tinggi.
  • Meyakini kalau setiap orang punya hak untuk mengatakan apa yang sedang dipikirkan.

Menjadi seseorang yang open minded memang bukan hal yang mudah dilakukan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki karakter tersebut. Sebab dalam dunia psikologi, memiliki pemikiran terbuka ternyata bisa dilatih. Melansir laman halodoc, simak caranya berikut ini.

Menerima Ketidaktahuan

Tidak mengetahui banyak hal tak lantas menjadikan seseorang kurang pandai. Justru hal ini membuat pola pikir dan pandangan lebih terbuka karena ketidaktahuan tersebut. Anda berarti dapat menerima bahwa orang lain memiliki pengetahuan yang lebih dibandingkan dengan diri sendiri.

Introspeksi Diri

Jika sebelumnya sulitmenerima opini dan saran orang lain, cobalah untuk memulai melakukan introspeksi. Tanyakan pada diri sendiri, mengapa Anda tidak berkenan dengan saran tersebut, atau adakah sisi positif yang bisa didapatkan dengan menerima saran. Dengan demikian, Anda bisa mengambil keputusan dan sikap yang lebih rasional, terbuka, dan bijaksana.

Menemukan Perbedaan

Anda bisa mulai melebarkan relasi dengan orang yang memiliki suku, budaya, agama, dan latar belakang yang berbeda-beda. Cara ini bisa membuat Anda toleran dan terbiasa terhadap perbedaan, sehingga menerima bahwa hidup tidak selalu sama dalam segala hal.

Populer video

Berita lainnya