Simak Tips Aman Menggunakan Toilet Umum

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menggunakan Toilet Umum
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Toilet umum menjadi fasilitas umum yang wajib ada di berbagai tempat yang ramai dikunjungi orang. Namun sayangnya, pemakaian toilet umum oleh banyak orang membuat kebersihan fasilitas ini kerap terabaikan. Pasalnya, tidak semua orang selalu membiasakan untuk menjaga kebersihan toilet, apalagi toilet umum.

Inilah alasanya Anda perlu tahu bagaimana tips menggunakan toilet umum yang aman. Dengan begitu, Anda tida mudah terpapar kuman, virus, dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit setelahnya. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa tips aman menggunakan toilet umum yang perlu diketahui.

Tidak menyentuh bagian atau benda di toilet secara langsung

Sebaiknya jangan menyentuh benda apapun yang ada di toilet umum secara langsung. Ini termasuk kran wastafel, flush toilet, shower pembersih, dudukan toilet, gagang pintu, hingga tempat sabun atau tisu. Agar lebih aman, Anda bisa memakai sapu tangan atau tisu sehingga kontak langsung antara tangan dan benda tersebut tidak terjadi.

Taruh barang bawaan pada gagang pintu

Letakkan barang bawaan, termasuk tas di gantungan yang diletakkan di balik pintu toilet. Hindari untuk meletakkan barang bawaan di lantai. Sebab, lantai menjadi tempat paling kotor di toilet, yang membuat kontaminasi lebih mudah terjadi.

Bersihkan area dudukan kloset sebelum dipakai

Bersihkan dudukan kloset sebelum memakainya, Apalagi jika dudukan kloset basah. Gunakan cairan antiseptik dan tisu atau cukup mengusap dengan tisu basah dan tisu kering. Beberapa orang juga biasanya menaruh beberapa lembar tisu pada dudukan kloset sebelum duduk di atasnya untuk buang air kecil atau besar.

Tidak membilas kloset saat duduk

Jangan membilas kloset saat duduk. Sebab, kuman di dalam toilet juga dapat menyebar saat Anda sedang melakukan hal itu. Supaya kuman tidak masuk dan menginfeksi organ intim, Anda bisa membilas kloset setelah berdiri.

Cuci tangan setelah memakai toilet

Cucilah tangan setelah memakai toilet umum. Lagi-lagi, gunakan tisu atau sapu tangan untuk memegang kran wastafel, apalagi jika Anda sudah cuci tangan dengan sabun untuk mematikan kran. Dengan begitu, kuman tidak bertahan di tangan dan menyebar ke mana-mana saat menyentuh banyak benda.

Populer video

Berita lainnya