Bebas Stres Saat Ditinggal Mudik ART, Simak Tips Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Bersih Rumah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin di antara kalian masih ada yang ditinggalkan asisten rumah tangga (ART), yang mudik ke kampung halamannya untuk berlebaran. Walhasil, Anda dan pasangan pun harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga sehari-hari, yang terkadang terasa berat dan melelahkan. Namun mau tidak mau Anda dan pasangan akan tetap melakukannya, bukan?

Lantas apa saja tips yang dapat diterapkan agar pekerjaan rumah tangga bisa dilakukan dengan lebih efisien dan tidak membuat stres? Melansir laman klikdokter, simak ulasan berikut ini.

Membagi tugas dengan anggota keluarga

Dengan membagi tugas, pekerjaan rumah tangga tentunya akan terasa ringan dan semakin cepat selesai. Apalagi, selain menjadi lebih cepat selesai, berbagi tugas dan melakukan pekerjaan rumah tangga bersama-sama juga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Tidak menunda pekerjaan

Salah satu hal efisien yang penting untuk diterapkan adalah menghindari menunda pekerjaan rumah tangga. Contohnya, membiarkan piring menumpuk tidak dicuci selama berhari-hari. Hal itu justru akan membuat Anda merasa semakin malas untuk membersihkannya.

Menggunakan alat bantu yang sesuai

Anda bisa menggunakan alat bantu yang sesuai dengan kondisi rumah. Misalnya menggunakan mesin cuci untuk mempercepat dan mempermudah mencuci pakaian. Dengan menggunakan alat bantu ini, pekerjaan rumah secara otomatis akan menjadi semakin mudah dan cepat untuk dikerjakan dan diselesaikan.

Membuat pekerjaan rumah jadi menyenangkan

Melakukan pekerjaan rumah tangga dengan selingan hal-hal yang menyenangkan dapat membuat Anda lebih efisien dalam bekerja, serta tentunya mencegah stres. Anda dapat memutar musik favorit saat memasak dan mempersiapkan makanan, atau menonton acara televisi yang Anda sukai saat membersihkan kamar.

Dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, pekerjaan rumah tangga tidak akan terasa berat, sehingga tanpa sadar, semuanya pun akan lebih cepat selesai.

Mencicil pekerjaan

Menyelesaikan pekerjaan rumah tangga tanpa bantuan ART terkadang bikin stres. Agar tidak terlalu kewalahan oleh tugas yang menumpuk selama hari-hari tanpa ART yang sedang mudik, Anda harus mencicilnya dengan mengerjakannya sedikit demi sedikit.

Masak makanan yang praktis

Salah satu kegiatan rumah tangga y adalah memasak. Nah, selama ART mudik, sebaiknya Anda membuat makanan yang simpel dan praktis. Ada begitu banyak makanan instan yang bisa jadi pilihan Anda. Jika Anda masih tidak ingin repot, maka Anda dapat membeli makanan secara online.

Istirahat cukup dan kumpul bersama keluarga

Setelah bersama-sama mengerjakan tugas-tugas rumah, jangan lupa untuk istirahat dan berkumpul bersama keluarga guna melepas lelah dan stres. Dengarkah keluh kesah atau keceriaan anak-anak Anda tentang pekerjaan rumah yang baru saja diselesaikannya. Momen tersebut bisa Anda pakai untuk mengedukasi anak tentang pentingnya mandiri, dan tidak selalu bergantung kepada ART.

Populer video

Berita lainnya