Ketahui Cara Kembalikan Produktivitas Setelah Libur Lebaran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Produktivitas Kerja
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Libur Lebaran telah usai. Dengan kata lain, Anda akan kembali melakukan rutinitas sehari-hari seperti bekerja. Namun kadang kala, libur Lebaran yang panjang membuat sedikit orang terlena, terlalu lama bersantai dan melepas rutinitas, sehingga menjadi malas ketika harus kembali beraktivitas.

Perlu diingat, menjaga keseimbangan antara kerja dan liburan memang penting. Tentunya Anda harus bekerja agar bisa pergi liburan lagi selanjutnya. Nah, jangan sampai rasa malas mengalahkan Anda. Melansir laman halodoc, coba cara kembalikan produktivitas bekerja setelah libur lebaran berikut ini.

Awali dengan olahraga

Saat liburan, mungkin Anda merasa malas untuk berolahraga. Padahal, olahraga dapat membuat tenaga kembali pulih dan bersemangat untuk beraktivitas. Agar produktivitas kembali muncul, coba awali hari dengan berolahraga. Bangun pagi, dan sambut segarnya udara yang bebas polusi. Lakukan jalan kaki berkeliling komplek perumahan atau taman, lari-lari kecil, bersepeda juga tak kalah menyenangkan.

Jangan begadang

Jika besok kembali bekerja, jangan tidur terlalu malam apalagi begadang. Ketika libura, Anda memang tidak mewajibkan untuk bangun pagi, sehingga bebas tidur kapan saja. Bahkan Anda bisa begadang untuk sekadar mengobrol bersama keluarga. Sekarang, ketika harus kembali produktif, istirahat menjadi hal yang penting. Jangan begadang jika tidak perlu, atau Anda akan terbangun dengan tubuh lelah keesokan harinya.

Berangkat lebih pagi

Awali hari pertama kembali bekerja dengan berangkat atau tiba di kantor lebih pagi, setidaknya 20 menit lebih awal. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan waktu untuk kembali beradaptasi dengan lingkungan kantor yang telah lama ditinggalkan ketika liburan.

Buat rencana kerja

Anda tidak akan merasa terbebani pekerjaan yang menumpuk di hari pertama kembali bekerja, jika membuat rencana kerja dengan skala prioritas. Ini akan membuat pekerjaan lebih terukur, dan tugas dapat selesai satu per satu tanpa terasa membebani karena tenggat waktu yang ketat dan beban kerja yang terasa sangat menumpuk.

Istirahat sejenak

Fokus mengerjakan tugas dalam waktu yang lama mungkin akan terasa berat dan jenuh, apalagi setelah libur lebaran. Otak mungkin masih berkeliaran ke memori selama liburan, sehingga hal itu bisa menurunkan produktivitas. Untuk menyiasatinya, istirahatlah sejenak sekitar 2-5 menit untuk menyegarkan kembali otak.

Populer video

Berita lainnya