Ini Manfaat Ngemil Malam Selama Bulan Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Ngemil Malam Hari
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Umumnya ngemil sebelum tidur di malam hari tidak direkomendasikan, karena berkaitan dengan masalah kesehatan. Namun selama bulan puasa, ngemil malam justru memberikan manfaat. Meski begitu, Anda tetap harus tahu batasan dan memilih makanan yang tepat, supaya tidak menimbulkan berbagai dampak negatif bagi tubuh. Berikut manfaat ngemil malam selama bulan puasa.

Terpenuhinya asupan kalori harian

Sebenarnya, jumlah kalori harian pada tubuh setiap orang tidak terpengaruh oleh kondisi puasa. Meski begitu, puasa membuat jam makan Anda terbatas. Hal ini menyebabkan asupan kalori dalam tubuh tidak tercukupi. Padahal, sistem metabolisme tubuh akan terganggu jika kebutuhan kalorinya tidak cukup. Oleh karenanya, Anda bisa memenuhinya dengan ngemil di malam hari.

Mencegah makan terlalu banyak saat sahur

Ketika rasa lapar melanda di malam hari, Anda tidak perlu menahannya. Anda boleh mengonsumsi camilan ringan tapi tetap menyehatkan. Sebab, menahan lapar sebelum sahur justru akan membuat Anda makan dengan kalap karena kondisi perut yang sedang kosong.

Padahal, perut juga punya batasan, dan makan berlebihan saat sahur akan membuat perut mulas. Terlebih lagi, makan banyak saat sahur belum tentu membuat Anda kenyang dalam waktu yang lama. Dibandingkan dengan sajian penuh kalori, lebih baik menyantap makanan bernutrisi, sehingga Andatidak kekenyangan tapi tetap berenergi.

Tidur lebih nyenyak

Tak hanya waktu makan, waktu istirahat malam Anda pun terbatas saat bulan puasa. Oleh karenanya, jangan biarkan perut kosong menjadi penghalang Anda susah tidur. Dengan ngemil di malam hari, Anda jadi bisa tidur lebih nyenyak, dan tubuh pun akan kembali segar saat bangun sahur.

Meningkatkan metabolisme tubuh di pagi hari

Menurut studi terbaru menunjukkan ngemil sebelum tidur memiliki dampak positif pada metabolisme di pagi hari. Baik pria maupun wanita sehat yang mengalami obesitas, sedikit ngemil di malam hari menyebabkan metabolisme meningkat di pagi hari. Jadi, saat sahur tubuh akan lebih mudah mengubah makanan menjadi energi.

Populer video

Berita lainnya