Rekomendasi Jajanan Sehat untuk Berbuka Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kolak Pisang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ngabuburit menjadi sebuah tradisi menarik saat Ramadan, dimana masyarakat menanti waktu berbuka puasa. Biasanya, momen itu juga digunakan untuk berburu kuliner, yang akan disantap saat berbuka. Tentunya ada banyak makanan atau jajanan khas yang bisa ditemukan selama Ramadan. Anda bisa dengan mudah menemukannya di pedagang kaki lima bahkan hingga hotel bintang lima.

Meski aneka ragam makanan yang dijajakan sangat menggugah selera, pastikan juga Anda memilih jajanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Berikut ini sejumlah rekomendasi jajanan sehat untuk berbuka puasa.

Kolak pisang

Kandungan kalori pada kolak memang paling pas sebagai menu pembuka. Tidak begitu mengenyangkan, tetapi cukup untuk mengganjal perut sebelum akhirnya menikmati makanan berat. Supaya lebih sehat, Anda bisa mengurangi gula yang digunakan, dan biarkan rasa manis alami dari pisang yang mendominasi.

Es buah

Air dan buah adalah kombinasi menyehatkan untuk perut yang sudah lama kosong. Sejatinya Anda harus lebih dulu mengembalikan kehilangan cairan tubuh baru mengisinya dengan makanan berat. Sementara buah dan air pada es buah akan mengembalikan cairan tubuh dan energi yang hilang. Rasa manis dan kesegaran buah akan mengembalikan vitalitas tubuh.

Terlebih di dalam buah juga terdapat banyak vitamin dan mineral serta serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun supaya lebih sehat, alangkah baiknya kamu mengurangi gulanya dan membiarkan rasa manis dari buahnya lebih menonjol.

Klepon

Tepung ketan, tepung beras, parutan kelapa, dan gula merahnya membuat penganan manis ini paling pas dimakan setelah perut kosong seharian. Selain energi sehatnya, klepon juga mengandung mangan yang membantu metabolisme dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang, menangkal radikal bebas, dan membantu fungsi kelenjar tiroid.

Kue Lumpur

Kuning telur, putih telur, santan, margarin, garam, gula dan kismis adalah bahan alami yang dapat meningkatkan energi setelah perut kosong. Namun, ada baiknya membatasi makan kue lumpur saat berbuka. Cukup dua potong saja, supaya perut dapat terisi lagi dengan makanan lainnya yang lebih bermanfaat untuk asupan dalam tubuh.

Martabak manis

Makanan manis adalah sumber yang bisa diproses tubuh dengan cepat sehingga stamina tubuh dapat kembali lebih cepat. Nah, salah satu rekomendasi jajanan sehat untuk berbuka lainnya adalah martabak manis. Selain manis, martabak manis mengandung energi dan kalori sehingga tubuh lebih berenergi. Namun pastikan kamu memakannya secukupnya saja, ya. Pasalnya martabak manis ini tinggi gula dan karbohidrat.

Populer video

Berita lainnya