Jenis Olahraga yang Tepat Dilakukan Selama Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Olahraga di Malam Hari
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mengingat kondisi tubuh yang tidak seprima biasanya, banyak orang yang malas berolahraga selama bulan puasa. Padahal, Anda masih bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan, menjelang waktu berbuka. Sejatinya, puasa bukanlah menjadi pengahalang bagi Anda untuk berolahraga. Sebab, intensitas, frekuensi, dan durasinya bisa dikurangi untuk menyesuaikan ketahan tubuh selama menjalani ibadah puasa.

Nah, melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa jenis olahraga selama puasa yang dapat kamu lakukan. Bila dilakukan dengan intensitas dan durasi yang tepat, olahraga ini terbukti aman dan tidak membuatmu kelelahan.

Bersepeda

Olahraga ini termasuk ke dalam latihan kardiovaskuler yang baik untuk kesehatan peredaran darah dan jantung. Selama bulan Ramadan, Anda bisa memilih untuk bersepeda dengan menggunakan sepeda statis di gym atau bersepeda mengelilingi komplek rumah. Apabila tidak ingin melakukannya saat siang hari, Anda bisa melakukannya menjelang berbuka sambil membeli takjil.

Joging

Sama dengan bersepeda, joging juga merupakan olahraga yang masuk ke dalam latihan kardiovaskular, sehingga bermanfaat untuk jantung. Agar tetap nyaman, Anda dapat melakukannya dengan treadmill di pusat kebugaran atau di sekitar rumah. Selain itu, olahraga ini dianjurkan untuk dilakukan menjelang berbuka puasa.

Yoga

Olahraga ini sangat tepat dilakukan saat bulan puasa. Selain menyehatkan tubuh, olahraga ini juga mampu membuat pikiran menjadi lebih tenang, sehingga Anda dapat menjalankan ibadah dengan fokus. Latihan teknik pernapasan dalam yoga juga dikenal ampuh menambah jumlah oksigen dalam tubuh dan membantu menyeimbangkan produksi hormon.

Senam Aerobik dan zumba

Olahraga ini dapat dilakukan dengan diiringi alunan musik, sehingga Anda merasa lebih senang dan bersemangat menjalaninya. Meski gerakannya ringan dan mudah diikuti, latihan zumba dan aerobik efektif untuk membakar kalori secara instan, sehingga berat badan akan terjaga.

Jalan Santai

Olahraga ini dapat menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung,otot, dan tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang buka puasa untuk mencegah kondisi lemas yang terlalu lama.

Populer video

Berita lainnya