Sebaiknya Jangan Konsumsi Langsung Makanan Ini saat Berbuka Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Gorengan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setelah seharian menahan lapar dan haus, biasanya Anda akan tergoda melihat semua makanan terkesan sangat lezat dan menggugah. Namun perlu diingat, bukan berarti semua makanan boleh dan aman untuk dikonsumsi. Apalagi, kondisi perut yang lama kosong bisa menjadi lebih sensitif.

Menjaga pola makan menjadi kunci agar ibadah puasa berjalan dengan baik. Pada saat melakukan ibadah puasa, lambung akan kosong selama kurang lebih 12 jam. Oleh karenanya, saat berbuka sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Lantas, apa saja jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa? Melansir laman halodoc, berikut ini jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi langsung saat berbuka puasa.

Mengandung kafein dan soda

Makanan dan minuman yang mengandung soda atau kafein sebaiknya tidak dikonsumsi langsung saat berbuka puasa. Sebab, jenis makanan ini dapat memicu asam lambung meningkat secara drastis. Sehingga, risiko nyeri dan munculnya gejala penyakit lambung akan lebih tinggi.

Makanan yang digoreng

Gorengan menjadi salah satu menu buka puasa favorit. Selain mudah mendapatkannya, jenis makanan ini juga menjanjikan rasa yang lezat dan bisa membuat kenyang. Namun nyatanya, mengonsumsi gorengan untuk berbuka puasa dapat membahayakan kesehatan. Sebab, lemak dan minyak yang menumpuk pada gorengan memberikan dampak yang kurang baik pada tubuh.

Minyak yang terdapat dalam gorengan bisa mengendap dan menjadi lemak dalam tubuh. Lebih parah lagi, minyak tersebut bisa menjadi penyakit yang serius. Selain itu, pencernaan juga bisa terganggu jika kamu selalu mengonsumsi gorengan sebagai menu buka puasa.

Terlalu manis

Jangan membiasakan berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang terlalu manis. Memang, makanan ini dianjurkan untuk mengembalikan energi tubuh. Namun, makanan yang terlalu manis sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak, terutama saat berbuka puasa. Kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko penyakit, seperti diabetes, obesitas, kanker, dan penyakit jantung.

Terlalu pedas dan bersantan

Mengonsumsi makanan pedas saat lambung kosong disebut bisa meningkatkan risiko penyakit lambung atau maag. Sebaiknya konsumsi makanan lain terlebih dahulu sebelum kamu mengonsumsi makanan pedas. Selain itu, hindari juga makanan yang terlalu banyak mengandung santan karena bisa memicu penyakit.

Populer video

Berita lainnya