Kiat Seru Jalani Puasa Bersama Keluarga Ala Ririn Ekawati

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ririn Ekawati
Foto: IG @ririnekawati

Celebrithink.com – Umat Islam di seluruh dunia sangat berbahagia menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Tak terkecuali aktris Ririn Ekawati, yang selalu menantikan dan menjadikan bulan suci ini sebagai momen kehangatan keluarga. Di bulan Ramadan ini, mereka bisa berkumpul menjalankan ibadah bersama-sama.

Sebagai seorang working mom, menyeimbangkan aktivitas pribadi dan waktu bersama keluarga menjadi tantangan tersendiri bagi Ririn. Terlebih di bulan Ramadan ini, di mana kebutuhan keluarga semakin banyak dan cukup berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Namun Ririn bersyukur, dengan kemajuan teknologi dan keberadaa e-commerce, sedikit banyak membantunya.

“Jadi, aku dapat menjalani aktivitas Ramadan bersama keluarga dengan semakin mudah dan nyaman,” tutur Ririn Ekawati dikutip dari siaran pers Shoopepay.

Di kesempatan sama, Ririn juga berbagi tips dan inspirasi kegiatan yang dapat membuat bulan Ramadan bersama keluarga semakin bermakna. Di antaranya yakni:

Kenalkan konsep berpuasa pada anak secara bertahap

Di tahun ini, Ririn dengan konsisten mengajarkan Cattleya, putri bungsunya, untuk menjalankan ibadah puasa bersama keluarga. Bahkan, sejak Ramadan tahun lalu, Ririn telah mengenalkan si kecil pada kegiatan puasa. Seperti pentingnya kewajiban berpuasa serta bagaimana caranya menahan rasa lapar, haus, dan emosi.

“Bagaimana pun, aku sadar setiap anak pasti punya tantangan puasa yang berbeda-beda. Cattleya, misalnya, dia itu bisa menahan rasa lapar, tapi kalau menahan godaan untuk minum susu masih susah, karena memang doyan. Jadi, aku mendorong anak-anak untuk mulai berpuasa secara bertahap saja agar mereka tidak merasa berat dalam menjalaninya, toh masih dalam proses belajar juga,” jelas Ririn.

Susun dan rencanakan kebutuhan harian puasa bersama keluarga

Membuat daftar kebutuhan puasa dan Lebaran sebaiknya dilakukan sejak awal agar dapat lebih mudah mengatur waktu di tengah kesibukan selama bulan Ramadan. Untuk menambah kehangatan, Ririn pun kerap melibatkan anggota keluarga dalam merencanakan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Selain mengakomodir kebutuhan seluruh anggota keluarga, kegiatan menyenangkan ini menjadi salah satu momen quality time Ririn bersama keluarga di bulan Ramadan.

Sambung tradisi lama, bangun rutinitas baru

Ririn kerap menjalankan tradisi bersama keluarga seperti berziarah menjelang Ramadan tiba, serta menunaikan tarawih di masjid terdekat. Ririn juga memiliki kebiasaan bukber bersama sang adik agar keakraban terus terjaga walau sudah berkeluarga. Kendati pandemi yang masih melanda, Ririn tetap berupaya untuk meneruskan tradisi-tradisi tersebut meski dengan keterbatasan.

Manfaatkan teknologi dan platform digital

Teknologi memberikan banyak kemudahan bagi Ririn dan keluarga untuk tetap maksimal menjalani aktivitas berpuasa setiap harinya. Sehingga di tengah kesibukkannya, Ririn tetap bisa memenuhi kebutuhan anggota keluarga.

Populer video

Berita lainnya