Atasi Masalah Mata Panda dengan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mata Panda
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mata panda membuat tampilan wajah menjadi kurang segar dan terlihat lebih tua. Karenanya banyak orang yang berusaha menutupi mata pandanya, dengan mengaplikasikan riasan yang tebal.

Sayangnya, cara ini tidak dapat menutupi manta panda secara sempurna. Terutama unyuk menghilangkan kehitaman pada area bawah mata secara permanen.

Mata panda terjadi ketika seseorang kurang tidur atau mengalami kelelahan. Kondisi ini juga bisa dialami karena faktor genetik, kurang minum atau dehidrasi, alergi, atau interaksi dengan gadget terlalu lama.

Lantas apa langkah terbaik mengatasi mata panda? Melansir laman Halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Kompres dingin

Bungkus es batu dengan waslap atau kain bersih, lalu letakkan pada mata. Sensasi dingin dari es batu membantu meredakan panas dan lelah pada mata. Kamu bisa melakukan perawatan ini selama 20 menit setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Cukupi kebutuhan tidur

Kurang tidur memperburuk lingkaran hitam pada mata. Maka dari itu, setidaknya penuhi kebutuhan tidur setidaknya 7 sampai 8 jam setiap harinya.

Posisi tidur yang salah juga bisa menjadi penyebab mata panda. Posisi kepala yang sejajar dengan tubuh membuat cairan menggenang pada bawah mata, sehingga tersebut menjadi lebih bengkak.

Solusinya, tambahkan beberapa bantal supaya posisi kepala lebih tinggi dari tubuh untuk mencegah terjadinya pembengkakan.

Kompres dengan kantung teh

Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, mengurangi penumpukan cairan pada bawah kulit. Cara ini berfungsi untuk menyamarkan mata panda. 

Sebuah studi menyebutkan, kafein dalam kantung teh dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi tampilan mata panda pada permukaan kulit.

Caranya, rendam dua kantong teh dalam air panas selama 5 menit. Lalu dinginkan dalam lemari es selama 15 hingga 20 menit. Letakkan kantong teh pada mata selama 10 hingga 20 menit.

Perbanyak minum air putih

Memenuhi asupan caira tubuh menjadi cara yang paling mudah mengatasi mata pada. Selain itu, memenuhi kebutuhan cairan tubuh efektif mendukung kesehatan kulit, termasuk menjaga elastisitas dan kelembapannya.

Sementara untuk tubuh, asupan cairan tidak hanya mencegah dehidrasi, tetapi juga membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Gunakan krim mata

Anda bisa memakai produk yang mengandung vitamin K, E, C, maupun ekstrak daun teh. Kandungan itu dapat membantu mengurangi munculnya kerutan kulit dan menyamarkan lingkaran hitam pada bagian bawah mata.

Populer video

Berita lainnya