Tetap Sehat Menjalani Puasa Ramadhan 2023

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Puasa Ramadan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selama Ramadhan, seluruh umat muslim menjalani ibadah puasa lapar dan dahaga. Karenanya, penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh selama Ramadhan, agar Anda tetap dapat menjalani aktivitas sehari-hari.

Seperti dikethaui, selama puasa tubuh tak terhidrasi dengan baik dan kebutuhan vitamin harian juga tak terpenuhi. Ada beberapa tips sehat menjaga kesehatan selama Ramadhan agar dapat beribadah dan beraktivitas lebih optimal, simak rangkuman berikut ini.

Pola makan sahur yang baik

Sahur berperan penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas ketika di siang hari. Maka, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayur, dan hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari

Pola makan saat berbuka

Langsung memgonsumsi makanan yang banyak saat berbuka puasa akan menyebabkan perut menjadi sesak. Makan makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan minum air putih dan sedikit makanan manis.

Menjaga pola makan malam

Makan malam terlalu banyak saat malam hari akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas sehingga harus dihindari. Selain itu juga hindari konsumsi kopi dan soda karena akan menyebabkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak.

Aktivitas fisik minimal 30 menit

Meski sedang berpuasa, aktivitas fisik masih sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Menjaga pola tidur

Bila harus mempersiapkan untuk sahur dan bangun di pagi hari, maka hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Menerapkan lima panduan hidup sehat, diharapkan mampu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Populer video

Berita lainnya