Ini Manfaat Sauna bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mandi Sauna
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain merasa nyaman, duduk berdiam di ruang sauna bisa membuat tubuh berkeringat dan membawa manfaat bagi kesehatan. Ya, sauna adalah bagian dari gaya hidup yang sering dimanfaatkan untuk relaksasi, menghalau berbagai penyakit, dan diyakini memiliki manfaat bagi kecantikan. Melansir laman klikdokter, berikut ini sederet manfaat sauna untuk kesehatan.

Nyaman dan rileks

Dengan aliran tubuh yang lancar, otot-otot akan mengalami relaksasi. Tubuh pun terasa lebih relaks dan nyaman.

Menurunkan tingkat stres

Manfaat sauna bagi tubuh dapat membantu menurunkan tingkat stres. Hal ini berkaitan dengan risiko sakit jantung yang ikut berkurang.

Meningkatkan rasa bahagia

Sauna membuat tubuh lebih relaks dan menurunkan tingkat stres. Hal ini juga berdampak pada meningkatnya rasa bahagia.

Memperlancar peredaran darah

Berada di dalam ruangan yang dikelilingi uap hangat akan membuat denyut jantung meningkat. Pembuluh darah di seluruh tubuh pun melebar. Kondisi ini akan memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh.

Membantu menurunkan tekanan darah

Kebiasaan sauna dapat membantu memperlancar aliran darah. Tubuh akan lebih relaks dan tekanan darah bisa menurun.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Melakukan sauna 2-3 kali seminggu dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 22 persen. Jika sauna dilakukan sebanyak 4-7 kali per minggu, maka kebiasaan ini akan menurunkan risiko kematian akibat sakit jantung sebesar 50 persen.

Nafsu makan normal

Rutin sauna dapat membantu mengembalikan nafsu makan kembali normal. Hal ini juga berkaitan dengan dampak psikologis yang diberikan, ketika stres juga mengalami penurunan.

Melegakan pernapasan

Uap hangat di dalam ruang sauna dapat membantu melebarkan jalan napas. Manfaat ini juga sekaligus mengencerkan dahak.

Membantu penderita asma

Karena membantu melebarkan jalan napas, sauna juga dapat bermanfaat untuk melegakan napas pada orang yang sedang mengalami infeksi saluran napas atau menderita asma.

Mengatasi nyeri sendi

Bagi penderita rematik atau jenis radang sendi lainnya, berdiam diri di sauna terbukti efektif mengurangi nyeri dan peradangan sendi. Hal ini disebabkan oleh kemampuan sauna dalam melancarkan sirkulasi tubuh. Efeknya, hormon anti-peradangan juga dikeluarkan tubuh saat sauna.

Mengurangi kalori

Suhu ruangan yang panas ketika sauna dapat membantu membakar kalori di dalam tubuh. Karena, dibutuhkan energi yang cukup besar ketika sauna.

Tidur lebih nyenyak

Rutin sauna dapat membuat tidur lebih nyenyak di malam hari. Hal ini juga berkaitan dengan cukup banyaknya kalori yang dibakar, aliran darah yang membaik, dan tubuh relaks.

Membuka pori-pori

Sumbatan kotoran pada permukaan kulit dapat terlepas dengan sauna. Karena, pori-pori pada permukaan kulit akan terbuka.

Mengangkat sel kulit mati

Sauna juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati, terlebih ketika Anda menggunakan scrub saat sauna. Proses eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Membantu proses detoks

Ketika pori-pori permukaan kulit terbuka, keringat akan keluar bersama dengan zat yang harus diekskresi atau dibuang oleh tubuh. Hal ini membantu proses detoksifikasi.

Menjaga kesehatan rambut

Sama halnya dengan pori-pori pada permukaan kulit tubuh, pori-pori pada permukaan kulit kepala juga dapat terbuka dan peredaran darah lebih lancar. Kesehatan rambut pun dapat terjaga.

Menjaga kelembapan rambut

Ketika sauna, kelenjar sebasea pada rambut akan lebih aktif. Sehingga, kelembapan rambut lebih terjaga.

Populer video

Berita lainnya