Cara Ampuh Hindari Cemburu dengan Mantan Pacar Pasangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips hindari rasa cemburu
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Cemburu merupakan hal normal yang muncul dalam sebuah hubungan asmara. Lantas bagaiman dengan rasa tidak nyaman pada masa lalu pasangan? Situasi ini dikenal dengan retroactive jealousy atau kecemburuan retroaktif.

Meski kecemburuan retroaktif tidak selalu memicu masalah, Anda tetap tidak bisa membiarkan rasa cemburu ini menguasai pikiran dan perasaan. Melansir laman klikdokter, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi rasa cemburu berlebih dengan mantan pacar pasangan.

Menerima dan lakukan validasi pada perasaan Anda

Akui dan tenerima bahwasannya Anda memang cemburu (meski ini tidak nyaman buat Anda). Ingat, kecemburuan adalah suatu emosi yang normal. Mengalami kecemburuan retroaktif tidak membuat Anda menjadi orang yang jahat. Hanya saja, cemburu dengan masa lalu pacar terus-menerus akan memicu khawatir berlebihan, yang tentunya bisa berdampak negatif.

Tempatkan diri di posisi pasangan

Bukan hanya pasangan, Anda juga memiliki masa lalu dengan mantan. Bagaimana perasaan Anda terhadap mereka saat ini? Bila tidak ada masalah, pasangan Anda saat ini pun kemungkinan merasakan hal yang sama.

Stop mencari tahu masa lalu pasangan

Berhentilah untuk kepo lebih dalam tentang masa lalu pasangan. Sebab, pasangan Anda juga punya hak untuk tidak membahas dan mengingatnya lagi. Anda juga disarankan untuk tidak menyindir atau mempertanyakan hal-hal yang berbau masa lalu. Ini bisa membuat pasangan Anda tidak nyaman.

Komunikasikan dengan pasangan

Keingintahuan tentang mantan pacar pasangan dan pengalaman yang telah dilalui adalah hal yang alami. Berdiskusi tentangnya adalah cara yang baik untuk mengetahui dan memahami pasangan. Komunikasi terbuka juga bisa meyakinkan diri bahwa hubungan Anda dengan pasangan sebetulnya baik-baik saja.

Jangan membanding-bandingkan

Dilarang saling membanding-bandingkan, Sebab setiap orang punya kelemahan dan kelebihan masing-masing. Agar hubungan tetap harmonis dan terhindar dari konflik, kuncinya adalah komunikasi. Katakan apa yang membuat Anda tidak nyaman, dan hal mana saja yang membuat tidak suka atau merasa cemburu.

Fokus pada keunggulan diri sendiri

Ketika perasaan cemburu muncul, cobalah untuk menenangkan diri. Anda bisa melakukan hal sederhana dengan menarik napas dalam-dalam dan alihkan dengan kegiatan yang lain. Hindari mendengarkan lagu atau konten bacaan yang bisa jadi pemicu dalam hubungan, misalnya yang berbau soal mantan atau lagu soal perselingkuhan.

Selain itu, yakinkan diri sendiri bahwa Anda berharga. Pasalnya, tentu ada alasan yang kuat mengapa dia memilih Anda sebagai pendampingnya sekarang. Percaya diri merupakan salah satu cara penting agar Anda tidak gampang cemburuan dengan masa lalu pacar.

Berteman dengan mantan dan sahabat-sahabatnya

Rasa cemburu bisa muncul karena asumsi. Daripada negative thinking, coba lah menerima tawaran si dia untuk masuk ke dunianya. Ketika sudah mengenal lebih dekat dunianya, biasanya rasa cemburu berlebih akan memudar. Bila perlu, bertemanlah dengan teman-teman atau mantan pacarnya.

Populer video

Berita lainnya