Sederet Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan Mental

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Bangun Pagi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tubuh manusia memiliki jam natural yang disebut dengan ritme sirkadian. Yakni sebuah sistem di dalam tubuh yang mengatur rasa mengantuk dan terbangun selama 24 jam. Ritme sirkadian sendiri dapat berbeda pada setiap orang. Bahkan, kondisi ini bisa berubah-ubah pada setiap orang, seiring dengan bertambahnya usia.

Nah, kKetika ritme sirkadian Anda terbiasa untuk bangun pagi, manfaatnya akan sangat baik bagi tubuh dan mental. Melansir dari laman klikdokter, berikut ini beberapa manfaat bangun pagi untuk kesehatan mental Anda:

Dapat mempersiapkan hari dengan lebih baik

Ketika bagun pagi, Anda tidak perlu tergesa-gesa memulai hari karena khawatir terlambat menjalani aktivitas. Baik itu berangkat ke sekolah ataupun bekerja. Di samping itu, bangun pagi juga meminimalkan risiko melupakan hal-hal yang penting akibat terburu-buru.

Dapat melakukan olahraga dan sarapan

Sebisa mungkin, sempatkan sarapan sebelum beraktivitas. Dengan bangun lebih pagi, memungkinkan Anda untuk sarapan dengan santai serta mengonsumsi menu yang lebih terencana. Bahkan, Anda juga dapat menyempatkan diri untuk olahraga sebelum mulai beraktivitas.

Lebih produktif

Bangun pagi membuat Anda menjadi lebih produktif, karena memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan sebelum mulai beraktivitas.

Lebih berenergi

Selain membuat Anda menjadi lebih produktif, bagun pagi juga membantu Anda lebih berenergi. Dengan begitu, Anda bisa menjalani hari dengan produktif dan mendapat pencapaian yang positif.

Suasana hati lebih baik

Seseorang yang bangun pagi biasanya memiliki pikiran yang lebih positif dibandingkan dengan orang-orang yang suka begadang. Bangun lebih awal membantu Anda lebih optimis, teliti, dan menjalani hari dengan tenang dan lebih bahagia.

Mengurangi stres

Bangun pagi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental Anda. Salah satunya terhindar dari stres yang berlebihan, sehingga Anda pun jauh lebih bahagia.

Meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi

Beberapa studi menunjukkan hubungan antara orang yang bangun lebih awal dan kesuksesan. Diduga orang-orang yang bangun lebih awal memiliki tujuan, proaktif, serta memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang baik.

Menumbuhkan self love

Jika sudah memiliki anak, bangun lebih pagi bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersantai sejenak sebelum mempersiapkan kebutuhan keluarga. Ini bisa menjadi bentuk tanda mencintai diri sendiri yang sangat baik untuk kesehatan mental Anda.

Kualitas tidur lebih baik

Seseorang yang terbiasa dengan bangun pagi akan memiliki kecenderungan jam tidur yang lebih awal dan teratur. Dengan begitu, orang tersebut memiliki tidur yang berkualitas.

Dengan memiliki tidur yang cukup dan berkualitas membantu menjaga mood Anda lebih baik, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta menurunkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kesehatan mental.

Daya tahan tubuh terjaga

Jika Anda rutin bangun lebih awal, daya tahan tubuh Anda akan terjaga. Sebab, dengan bangun pagi Anda memiliki waktu lebih untuk olahraga, aktivitas fisik yang baik sebagai perawatan kesehatan mental.

Populer video

Berita lainnya