Tips Jitu Liburan Aman dan Seru di Era New Normal

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Liburan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Seiring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sudah mulai longgar, banyak orang yang memberanikan diri untuk pergi berlibur. Meski begitu, bukan berarti Anda tetap tidak boleh lengah dalam menjaga kesehatan. Di situasi new normal ini, protokol kesehatan tetap perlu dilakukan, apalagi saat berlibur.

Hal itu penting dilakukan untuk melindungi dari paparan virus corona dan juga varian baru. Agar liburan menjadi seru dan aman, ingatlah untuk selalu mempraktikkan 3M, yaitu rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan. Melansir laman halodoc, simak tips liburan di era new normal.

Kenakan masker saat liburan

Pastikan selalu mengenakan masker saat bepergian ke tempat umum, meskipun Anda sudah divaksinasi lengkap. Masker berfungsi untuk mencegah atau menahan partikel virus yang bisa ditularkan dari orang lain. Bawalah banyak masker dan simpan setidaknya satu cadangan masker di dalam tas untuk berjaga-jaga bila masker yang Anda kenakan basah atau hilang.

Menjaga jarak

Menjaga jarak setidaknya 2 meter dengan orang lain di tempat umum merupakan jarak minimum. Anda bebas untuk menjaga jarak sejauh mungkin dari orang lain yang tidak serumah dengan selama pandemic COVID-19.

Menjaga jarak fisik mungkin tidak bisa dilakukan di dalam pesawat atau kereta api, tetapi berusahalah untuk menjaga jarak beberapa langkah dari orang lain sebanyak mungkin selama liburan.

Kemas barang-barang dengan cermat

Bila ingin liburan ke luar kota atau luar negeri dengan kereta api atau pesawat, pastikan Anda mengemas semua barang penting dalam jumlah yang cukup, seperti obat-obatan, masker, hand sanitizer, disinfektan dan lain-lain. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi perjalanan yang tidak perlu, seperti ke apotek atau supermarket selama liburan.

Hindari ke tempat tertutup yang ramai

Saat liburan di era new normal, Anda mungkin ingin mengulangi kebiasaan seperti nongkrong di bar atau kafe, yang tidak bisa dilakukan selama pandemic. Namun mengingat lokasinya yang tertutup, hal itu bisa meningkatkan risiko untuk terkena COVID-19. Sebaiknya pilihlah tempat-tempat terbuka yang tidak terlalu ramai untuk dikunjungi selama liburan.

Rutin mencuci tangan

Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah menggunakan toilet, sebelum makan, setelah batuk atau bersin. Sebisa mungkin, cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Bila sabun dan air tidak tersedia, gunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

Mendisinfeksi permukaan dan barang

Selain cuci tangan, Anda juga perlu rajin mendisinfeksi permukaan dan barang-barang sebelum menggunakannya, terutama yang sering disentuh banyak orang. Misalnya, meja, kursi, gagang pintu, gadget, dan lain-lain. Hal ini penting untuk mencegah kamu terkena COVID-19 yang bisa menular dari droplet berisi virus yang mungkin saja menempel pada permukaan tersebut.

Populer video

Berita lainnya