Kenali Penyebab Depresi dalam Sebuah Hubungan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Depresi dalam hubungan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Depresi merupakan gangguan mood yang ditandai dengan gejala, seperti selalu merasa sedih dan tidak berharga, dan marah. Kondisi ini dapat terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah konflik dalam hubungan percintaan.

Ya, menjalin hubungan percintaan memang dapat memberikan kebahagiaan. Namun, adakalanya konflik-konflik yang muncul dalam hubungan menjadi penyebab depresi. Melansir laman klikdokter, berikut beberapa di antaranya:

Ketidaksetiaan

Menurut sebuah studi yang dilakukan tahun 2012, perselingkuhan bahkan mampu meningkatkan keinginan seseorang untuk bunuh diri. Selain itu, perselingkuhan juga mengakibatkan gejala menyerupai gangguan stress pasca trauma atau PTSD.

Sementara itu, berdasarkan jurnal Family Process tahun 2016, perselingkuhan meningkatkan risiko gejala depresi bagi seseorang yang memang rentan mengalami gangguan mental tersebut.

Kekerasan

Kasus depresi akibat kekerasan dalam hubungan lebih banyak terjadi pada wanita. Sementara pada pria umumnya menyebabkan gangguan kecemasan. Kekerasan yang menyebabkan depresi ini tidak hanya berupa kekerasan fisik, tapi juga emosional. Misalnya mengendalikan pasangan, posesif, manipulatif.

LDR

Hubungan jarak jauh dinilai penuh tantangan dan perjuangan. Selain sering dilanda rindu, menjalani hubungan ini juga bisa membuat seseorang terus diliputi perasaan cemas. Salah satunya mengenai keberlangsungan hubungan. Nah, LDR yang diliputi perasaan cemas terus-menerus tentu tidak sehat dan berisiko menyebabkan depresi.

Putus cinta

Setelah putus cinta, seseorang bisa mengalami pergolakan besar dalam dirinya. Ia bisa mengalami berbagai emosi yang negatif, seperti marah, kesepian, dan kesedihan.

Populer video

Berita lainnya