Cara Aman dan Cepat Mengatasi Mata Bintitan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mata Bintitan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bintitan adalah gangguan kesehatan mata, yang menyebabkan muncul benjolan yang menyerupai bisul ata jerawat pada kelopak mata. Kondisi ini disebankan oleh bakteri Staphylococcus.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan infeksi, seperti kurang menjaga kebersihan tangan, tidak membersihkan riasan mata dengan baik, memakai lensa kontak yang tidak bersih, mengalami blefaritis hingga mengidap penyakit rosacea.

Masalah ini umumnya bisa membaik dengan sendirinya. Namun, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Melansir laman Hallodoc, simak penjelasan berikut ini.

Kompres hangat
Mengompres dengam air hangat pada mata yang terpengaruh membantu mengeluarkan cairan atau nanah pada bintitan secara cepat dan alami. Hal ini membuat masalah mata tersebut menjadi lebih cepat pulih. Caranya:

  • Siapkan air hangat dan handuk berbahan lembut dan bersih.
  • Celupkan handuk ke dalam air hangat, lalu peras.
  • Letakkan handuk hangat pada area mata yang bintitan selama 5-10 menit. Ulangi 3-4 kali setiap hari.

Gunakan kantong teh hangat
Teh hitam dipercaya bersifat antibakteri, sehingga bisa membantu mengatasi infeksi bakteri yang menjadi penyebab bintitan. Cara mengobati bintitan dengan bahan alami ini, yaitu:

  • Siapkan air hangat dan kantong teh hitam. Lalu celupkan seperti proses pembuatan minuman teh.
  • Setelah direndam selama kurang lebih 1 menit, keluarkan kantong teh dan peras.
  • Letakkan kantong teh pada bagian mata yang mengalami bintitan, selama 5-10 menit.

Gunakan minyak kelapa
Minyak kelapa merupakan bahan alami yang punya banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan mata. Bahan alami ini membantu mengobati bintitan dengan cara mengurangi peradangan.

Selain itu, minyak kelapa bersifat antibakteri dan antijamur. Ini juga sepenuhnya aman untuk digunakan di sekitar mata.

Jaga kebersihan tangan dan mata
Saat bintitan, pastikan menjaga kebersihan area mata. Anda bisa membersihkan mata secara rutin dengan kapas steril dan sabun untuk menurunkan risiko penyebaran infeksi bakteri ke area yang lain.

Selain itu, rajin-rajin lah mencuci tangan menggunakan air yang mengalir dan sabun sebelum maupun setelah menyentuh area mata. Hindari juga menggunakan kosmetik untuk area mata untuk sementara. 

Konsumsi obat-obatan
Banyak toko obat yang menjual obat tetes mata yang dapat membantu meringankan rasa sakit akibat bintit. Selain itu, obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen juga bisa mengurangi peradangan sehingga dapat membantu mengatasi rasa terbakar dan bengkak.

Populer video

Berita lainnya