Tips Menghilangkan Kutu Rambut Secara Efektif

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kutu Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kutu rambut merupakan gangguan yang sering dialami anak-anak. Parasit ini bisa menular akibat kurangnya menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Proses penularan dan penyebaran hewan kecil ini melalui kontak langsung dari kepala ke kepala atau menggunakan barang pribadi milik pengidap.

Sementara barang-barang pribadi yang berpotensi menularkan kutu rambut antara lain topi, sisir, aksesori rambut, bantal, dan handuk. Selain itu, kutu kepala juga dapat menyebar saat menyimpan pakaian pada lemari yang sama dengan pengidap.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan kutu rambut? Melansir laman Hallodoc,berrikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan.

Minyak jelantah

Minyak jelantah adalah minyak goreng yang digunakan beberapa kali. Minyak jelantah ini bisa  ldigunakan untuk menghilangkan kutu rambut.

Caranya dengan membaluri rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 10 menit, kemudian sisir rambut dengan sisir kutu. Biasanya, kutu rambut akan mati begitu terkena minyak jelantah, sehingga mudah menyingkirkannya.

Minyak kelapa

Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Sebuah studi mengungkapkan, asam laurat dalam minyak kelapa dapat membantu membunuh kutu. 

Cara penggunaannya juga masih sama, yakni dengan membaluri kulit kepala dan rambut dengan minyak kelapa. Tekstur minyak kelapa tidak selengket minyak jelantah, sehingga kutu rambut masih bisa lolos ketika menggunakan minyak kelapa.

Cuka dan garam

Anda juga dapat menggunakan kombinasi cuka dan garam. Campurkan kedua bahan ini ke dalam botol plastik, dan kocok sehingga tercampur merata. Kemudian, semprotkan campuran ke kulit kepala, sisi-sisinya, dan helai-helai rambut secara merata. Tunggu selama 5 sampai 7 menit, lalu sisir rambut dan cuci bersih.

Mencampurkan minyak esensial

Anda bisa mencampurkan beberapa minyak esensial. Caranya dengan mencampurkan beberapa jenis minyak esensial dengan air hangat.teteskan beberapa minyak ensial ke dalam air di botol semprot. Semprotkan ke seluruh kulit kepala dan rambut, kemudian diamkan selama 30 menit. Lalu sisir dan bilas dengan air bersih.

Kondisioner rambut

Cara menghilangkan kutu rambut juga bisa menggunakan kondisioner. Pertama, siapkan sisir khusus dengan batang yang sangat rapat. Sisir jenis ini efektif menghilangkan kutu sekaligus telur yang menempel pada batang rambut.




Populer video

Berita lainnya