4 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Bisa Merusak Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kebiasaan sebelum tidur merusak kulit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidur adalah salah satu cara untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Selama tidur, hormon pertumbuhan memuncak dan merangsang perbaikan sel dan jaringan. Itu karenanya jika kualitas tidur berkurang, proses perbaikan kulit menjadi lambat. Bila terus terjadi, kadar kortisol akan meningkat dan memicu pembentukan kolagen melambat sehingga menyebabkan penuaan.

Apabila anda sudah memastikan waktu untuk tidur tercukupi, anda juga harus memperhatikan berbagai kebiasan sebelum tidur. yang juga memengaruhi kesehatan kulit. Mungkin terdengar sepele, tapi akibatnya dapat memperlambat proses perbaikan kulit saat tidur. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini kebiasaan sebelum tidur yang harus dihindari agar tidak merusak kesehatan kulit.

Tidur tengkurap

Posisi ini mungkin menjadi posisi tidur yang paling nyaman bagi beberapa orang. Namun menurut ahli dermatologi Dr. Purvisha Patel, posisi ini memberikan efek pembengkakan, khususnya pada mata. Sering tidur dengan posisi ini mendorong cairan menumpuk di wajah dan memberikan tekanan wajah untuk mengendur dan kehilangan kolagen.

Tidak cuci muka

Mencuci muka sebelum tidur sangat penting untuk dilakukan. Sebab, aktifitas ini dapat membersihkan kulit wajah dari keringat dan kotoran yang menyumbat pori-pori yang bisa menyebabkan jerawat. Tentu hasilnya akan lebih maksimal jika menggunakan pembersih muka, kulit akan lebih segar dan proses perbaikan kulit akan lebih baik.

Anda juga bisa mandi terlebih dahulu sepulang aktifitas di luar rumah. Mandi dengan menggunakan air hangat membuat tubuh lebih rileks, sehingga anda akan lebih mudah tidur serta kulit menjadi lebih bersih. Namun, jangan biarkan rambut anda basah karena akan membuat seprai dan bantal menjadi lembap dan mudah tumbuh jamur.

Terlalu banyak menggunakan produk kecantikan

Produk perawatan kulit di malam hari memang bisa membantu kesehatan kulit. Namun, terlalu banyak menggunakan produk tersebut sebelum tidur bisa membahayakan kulit. Misalnya, produk yang memiliki kandungan retinol untuk mencegah keriput, bila dicampurkan dengan peroksida benzoyl untuk melawan jerawat, dapat membuat kulit kering dan iritasi.

Sebaiknya, konsultasi dengan dokter untuk penggunaan produk kecantikan yang sesuai dengan kulit. Bila sudah mendapatkan produk yang tepat, kebiasaan sebelum tidur ini memang rutin dilakukan, tapi jangan berlebihan dalam penggunaannya.

Tidak minum air

Air sangat penting untuk kesehatan kulit dan struktur di bawah kulit. Saat tidur, sel-sel tubuh membutuhkan air untuk regenerasi kulit. Bila dehidrasi, kulit akan kehilangan elastisitas sehingga kering, kusam, dan tampak keriput. Pastikan untuk minum segelas air putih saja, tidak lebih. Sebab, tidur anda akan terganggu jika harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Populer video

Berita lainnya