Kiat Menjaga Kesehatan Jantung

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kesehatan Jantung
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Perubahan gaya hidup yang semakin tidak sehat berkaitan erat dengan meningkatnya jumlah kasus penyakit jantung. Hal ini terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Data World Health Organization menunjukkan bahwa penyakit jantung merupakan penyebab dari 37% kematian yang terjadi di Indonesia.

Bagi mereka yang memiliki penyakit jantung, mengelola faktor-fakto risiko seperti tekanan darah, berat badan, serta tingkat kolesterol darah adalah hal yang penting. Kesemua itu harus dijaga dalam batas normal agar tidak menyebabkan gangguan lebih lanjut. Melansir laman sehatQ, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan oleh mereka yang megnidap sakit jantung.

Batasi Asupan Lemak Jenuh

Lemak jenuh umum ditemukan pada produk hewani, minyak kelapa, dan minyak sawit. Membatasi asupan lemak jenuh penting untuk menjaga kadar kolesterol. Pasalnya, tingginya kadar kolesterol jahat dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang berkaitan dengan serangan jantung dan stroke. Untuk membatasi asupan lemak jenuh, batasi konsumsi daging merah dan pilihlah produk susu rendah lemak.

Pilih Minyak yang Tepat

Cara dan memilih jenis minyak yang tepat untuk memasak juga penting untuk membatasi asupan lemak jenuh. Ternyata, minyak kelapa dan minyak sawit yang umum digunakan untuk memasak mengandung lemak jenuh yang tinggi. Apalagi jika digunakan untuk menggoreng, minyak yang terserap pada makanan pastinya tidak sedikit.

Selain itu, disarankan memasak dengan cara menumis atau memanggang, yang tidak menyebabkan minyak banyak terserap ke dalam makanan. Pastikan juga rutin berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan. Lakukan pemeriksaan rutin serta konsumsi obat sesuai anjuran dokter jika diperlukan.

Perbanyak Konsumsi Serat

Serat memiliki peran penting dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sehingga penting untuk mengonsumsi cukup serat setiap harinya. Sumber serat yang dapat menjadi pilihan antara lain buah, sayur, oat, beras merah, dan bijian utuh. Disarankan untuk mengonsumsi buah sebanyak 2-3 porsi dan sayuran sebanyak 3-5 porsi setiap harinya.

Rutin Berolahraga dan Menjaga Berat Badan

Rutin olahraga dan menjaga berat badan dalam kisaran normal penting dalam penanganan penyakit jantung. Bagi mereka yang kelebihan berat badan, menurunkan berat badan akan berdampak positif untuk tekanan darah dan kadar kolesterol. Olahraga rutin tak hanya bermanfaat untuk menjaga berat badan, tapi juga untuk menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol.

Populer video

Berita lainnya