Ini Kebiasaan di Pagi Hari yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Minum Air Putih di Pagi Hari
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pagi hari menjadi waktu yang sangat penting untuk mewujudkan kesuksesan program diet anda. Oleh karena itu, tak heran jika anda bertanya-tanya, mengapa ada orang yang berhasil menjalankan diet sementara anda tidak. Pasalnya, ada rutinitias pagi hari yang dapat menyukseskan diet anda. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut beberapa kebiasaan pagi yang dapat anda lakukan:

Berjemur di bawah sinar matahari

Jangan meremehkan pentingnya berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli di Feinberg medical School, Amerika Serikat, membuktikan bahwa orang yang terkena sinar matahari pagi hari mengalami penurunan indeks massa tubuh (BMI) lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak kena sinar matahari.

Para ahli menduga sinar matahari pagi membantu tubuh mengikuti jam biologis (ritme sirkadian). Dengan begitu, metabolisme Anda pun jadi lebih lancar dan lemak dalam tubuh dibakar secara lebih efektif.

Minum dua gelas air putih

Setelah bangun pagi dan sebelum sarapan, biasakan untuk minum dua gelas air putih. Selain untuk menggantikan cairan yang hilang saat tidur, air putih juga akan mengganjal perut supaya tidak makan terlalu banyak ketika Anda sarapan.

Sarapan dengan menu tinggi protein

Makanan yang kaya akan protein akan membuat anda kenyang sampai waktu makan siang tiba. Selain itu, protein juga lebih ampuh daripada karbohidrat dan lemak dalam mempercepat sistem metabolisme tubuh. Cobalah untuk sarapan dengan telur, yogurt, dan bubur gandum dengan kacang-kacangan.

Olahraga

Sudah menjadi rahasia umum, olahraga adalah cara ampuh untuk cepat turun berat badan. Menurut para peneliti dalam jurnal ilmiah Medicine & Science in Sports & Exercise, olahraga dan beraktivitas di pagi hari akan membuat anda lebih semangat diet dan mengendalikan nafsu makan selama seharian. Olahraga juga bisa memperbaiki suasana hati yang menjauhkan anda dari kalap makan karena stres.

Siapkan bekal makan siang

Kebiasaan jajan di sekitar di luar bisa bikin diet anda gagal. Ditambah lagi anda juga tidak dapat memastikan kebersihan makanan jika jajan di luar. Sebaiknya siapkan bekal makan siang yang sehat dan terjangkau. Anda juga bisa membawa sendiri camilan sehat seperti buah-buahan supaya tidak tergoda jajan.

Timbang berat badan

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, orang yang menimbang berat badannya setiap hari lebih cepat turun berat badan. Waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah di pagi hari, sebelum sarapan dan sesudah buang air kecil atau besar.

Jalan kaki atau naik tangga

Jika anda terbiasa naik kendaraan umum ke kantor atau kampus, cobalah untuk berhenti agak jauh dari gedung. Kemudian berjalan kakilah ke kantor atau kampus anda. Jalan kaki terbukti ampuh membantu menurunkan berat badan. Anda juga bisa mencoba meningkatkan tantangan di pagi hari yaitu dengan naik tangga. Sesekali tinggalkan lift atau eskalator dan gunakan tangga.

Populer video

Berita lainnya