7 Pengobatan Rumahan untuk Menghilangkan Komedo

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi komedo
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Komedo memang menjengkelkan. Tak peduli seberapa rajin anda merawat diri, terkadang mereka muncul di waktu yang tidak tepat. Menurut dokter Alecander Dane, ada beberapa pengobatan rumahan yang bagus untuk membantu mengurangi pori-pori tersumbat akibat komedo. Dilansir dari laman The Healthy, berikut adalah pengobatan rumahan yang dapat membantu mengurangi komedo anda.

Baking sodan dan air

Mungkin kita akan sangat mudah menemukan baking soda di dapur rumah masing-masing. Menurut Dr Dane, baking soda membantu menetralkan ketidakseimbangan pH yang mungkin dialami kulit Anda, serta bekerja sebagai pengelupas untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

Dalam pengaplikasiannya, campurkan dua sendok makan baking soda dan dua sendok makan air sehingga menjadi pasta. Pijat campuran itu ke wajah, bilas dengan air hangat, lalu pastikan untuk melembapkan sesudahnya. Campuran ini juga bisa mengeringkan kulit anda, jadi jangan gunakan lebih dari dua atau tiga hari seminggu.

Eksfoliasi kulit di rumah

Gula merah, madu, dan jus lemon merupakan campuran pengelupasan kulit yang dapat anda gunakan pada komedo. Dr. Dane merekomendasikan untuk mencampurkan satu sendok makan gula merah, dua sendok makan lemon, dan satu sendok makan madu. Jika sudah tercampur rata, oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar. Pijat selama lima menit sebelum dibilas, lalu gunakan pelembab.

Minyak pohon teh

Para ahli mengatakan anda bisa mengoleskan minyak pohon teh ke area komedo, karena fungsinya untuk membunuh bakteri. Minyak pohon teh tersedia dalam sejumlah produk, seperti sabun, krim, atau tersedia sebagai minyak esensial.

Kunyit

Memiliki sifat antibakteri, antijamur dan anti-inflamasi, kunyit dapat membantu menghilangkan komedo. Cara penggunaannya, ambil satu sendok makan kunyit kasturi dan campur dengan satu sendok makan air atau minyak kelapa hingga membentuk pasta. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas.

Lulur minyak kelapa dan gula

Bukan hanya di area wajah, komedo juga dapat muncul di tubuh anda. Dokter kulit Whitney Bowe menuturkan, mengelupas kulit untuk menghilangkan sel kulit mati dapat membantu anda menghilangkan komedo. Dia juga merekomendasikan mencampurkan minyak kelapa dan gula untuk membuat lulur.

Teh hijau

Dokter Dane mengatakan, teh hijau dapat membantu menurunkan produksi minyak kulit dan bekerja sebagai antioksidan. Campurkan satu sendok teh daun teh hijau kering dengan satu sendok teh air. Lalu pijatkan ke area komedo selama tiga menit. Setelah itu bilas dan oleskan pelembab. Perawatan ini bisa dilakukan dua atau tiga hari dalam seminggu.

Masker wajah

Menggunakan masker wajah alami untuk komedo merupakan cara mudah untuk mengurangi komedo. Dokter Bowe merekomendasikan dengan hanya menggunakan putih telur dan tisu. Pertama, kocok satu putih telur dan oleskan ke kulit yang sebelumnya sudah dibersihkan. Kemudian lapisi tisu di wajah Anda (bukan di mata atau mulut Anda) dan oleskan putih telur lagi. Biarkan masker mengering selama sekitar 20 menit, lalu lepaskan.

Populer video

Berita lainnya