Selain Menyenangkan, Ini Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Main Catur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Catur adalah salah satu jenis permainan strategi di atas sebuah papan kotak-kotak, yang umumnya dimainkan oleh 2 orang. Meskipun tidak memerlukan kekuatan fisik dalam memainkannya, ternyata catur dianggap salah satu cabang olahraga yang memberikan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat bermain catur terutama untuk kesehatan otak dan mental. Permainan yang satu ini dikenal baik untuk meningkatkan daya konsentrasi hingga mengasah kreativitas dan kecerdasan. Dilansir dari laman alodokter, ini manfaat bermain catur yang bisa anda peroleh jika dilakukan secara rutin.

Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Salah satu aktivitas yang baik untuk menjaga kesehatan otak adalah bermain catur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa permainan catur dapat meningkatkan kapasitas memori otak, sekaligus melatih kemampuan otak untuk berpikir, menyusun rencana, dan memecahkan masalah. Catur bahkan termasuk sebagai salah satu bentuk senam otak yang baik.

Meningkatkan kecerdasan

Selain meningkatkan memori, bermain catur juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Orang yang sering bermain catur memiliki kemampuan berpikir dan nalar yang baik, sehingga lebih mudah memperoleh solusi dari suatu masalah.

Ada pula riset yang menyebutkan bahwa anak-anak yang suka bermain catur rata-rata memiliki prestasi akademik dan IQ yang lebih baik daripada anak-anak yang jarang bermain catur. Artinya, permainan catur dapat membuat anak menjadi lebih cerdas.

Meningkatkan daya konsentrasi

Sulit konsentrasi bisa membuat seseorang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan, atau sulit memahami pelajaran di kelas atau menyerap informasi. Kesulitan dalam berkonsentrasi bisa disebabkan banyak hal, salah satunya proses penuaan pada otak.

Jika anda merasa sering sulit konsentrasi, cobalah lebih sering bermain catur. Permainan ini terbukti baik untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih kapasitas otak dalam menyimpan memori jangka pendek.

Meningkatkan kreativitas

Tak hanya para seniman, kreativitas merupakan hal yang penting dimiliki setiap manusia. Kemampuan berpikir kreatif berperan penting untuk memecahkan masalah dan memahami situasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagian orang ada yang terlahir dengan bakat berpikir kreatif secara alami, tetapi ada juga yang tidak. Untuk mengasah kreativitas, anda bisa mencoba berbagai aktivitas, termasuk bermain catur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bermain catur dapat melatih kemampuan otak dalam berimajinasi, sehingga kreativitas pun dapat lebih terbentuk.

Mencegah pikun

Pikun adalah gangguan memori yang membuat seseorang sering lupa. Saat mengalami pikun berat atau demensia, seseorang bisa kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari dan tidak bisa mengenali orang terdekatnya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak penyakit, misalnya Alzheimer.

Untuk mencegah pikun, anda disarankan untuk rutin melatih kemampuan otak dalam mengingat dan berpikir. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk mencegah pikun, mulai dari sering membaca, bermain musik, menjalani hobi, hingga bermain catur.

Beberapa studi menunjukkan bahwa permainan catur bermanfaat dalam memelihara kesehatan dan fungsi otak, serta melatih ketajaman memori dan konsentrasi. Pada lansia, efek bermain catur ini juga baik untuk mencegah pikun dan demensia.

Populer video

Berita lainnya