Nggak Pede Gegara Bau Kaki? Begini Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bau Kaki
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Masalah bau kaki bisa dialami siapa saja. Biasanya, bau kaki dialami oleh mereka yang jarang mencuci kaki, jarang mengganti kaus kaki dan sepatu, atatu memakai sepatu yang tertutup sepanjang hari. Bahkan, bau kaki juga bisa disebabkan beberapa penyakit atau kondisi medis.

Bau kaki tentunya bisa menurunkan rasa percaya diri anda, terlebih jika berada di kerumunan banyak orang. Namun kabar baiknya, ada beberapa cara menghilangkan bau kaki yang bisa anda lakukan. Dilansir dari laman alodokter, berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Menjaga kebersihan kaki

Cucilah kaki setiap hari saat mandi. Gosok-gosok kaki menggunakan waslap yang telah dilumuri sabun hingga ke sela-sela jarinya. Setelah itu, bilas dan keringkan kaki secara menyeluruh.

Bila perlu, rendamlah kaki minimal 20 menit di dalam air hangat yang telah dicampur setengah cangkir garam atau cuka. Bahan-bahan tersebut bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau kaki serta menjaga kelembapan alami kulit kaki.

Ganti sepatu secara rutin dan simpan dengan baik

Saat keluar rumah, gunakanlah sandal guna mengurangi produksi keringat dan meminimalkan bau kaki. Jika ingin memakai sepatu, pilihlah yang ukurannya pas di kaki dan bisa menjaga kaki tetap kering. Misalnya sepatu berbahan kulit atau kanvas.

Jika memungkinkan, anda bisa menyediakan 2 pasang sepatu agar bisa digunakan secara bergantian. Pasalnya, menggunakan sepatu yang sama dalam dua hari berturut-turut bisa memicu munculnya bau kaki. Selain itu, simpanlah sepatu di ruangan yang sejuk, kering, dan memiliki aliran udara yang baik.

Pilih kaus kaki yang menyerap keringat

Rutin mengganti kaus kaki dan memilih kaus kaki yang tepat juga dapat meminimalkan munculnya bau kaki. Saat berpergian, sebaiknya gunakan kaus kaki berbahan katun karena mudah menyerap keringat, sehingga kaki tetap kering. Selain itu, penting untuk membawa satu atau dua pasang kaus kaki cadangan agar bisa diganti saat kaki mulai basah atau berkeringat dan berbau.

Gunakan produk penghilang bau kaki

Anda bisa menggunakan produk-produk berikut untuk menghilangkan bau kaki, di antaranya:

  • Deodoran atau semprotan disinfektan, untuk menghambat pertumbuhan
  • bakteri dan jamur penyebab bau kaki
  • Bedak kaki, untuk menyerap keringat, menutupi bau kaki, dan menghambat
  • pertumbuhan jamur
  • Antiperspiran, untuk menjaga sepatu tetap kering
  • Minyak esensial, misalnya yang mengandung ekstrak lavender, lemon,
  • mint, tea tree oil, dan minyak kayu putih, untuk menyamarkan bau pada
  • kaki

Populer video

Berita lainnya