Sering Mengalami Awkward? Ini Kiat untuk Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Awkward
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Anda mungkin sering mendengar istilah awkward dalam percakapan. Awkward adalah istilah bahasa Inggris yang berarti canggung. Dalam kamus Cambridge, awkward diartikan sesuatu yang menyulitkan atau menyebabkan rasa kurang nyaman, kecemasan, dan rasa malu. Dalam situasi sosial, momen awkward dapat terjadi karena sifat pemalu atau terlalu mawas diri pada seseorang.

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami perasaan canggung yang membuat mereka sulit saat berinteraksi dengan orang lain. Bahkan orang yang paling santai dan mudah bergaul sekalipun, mungkin pernah berada dalam situasi yang awkward. Meski hampir setiap orang pernah merasakan situasi canggung, namun ada beberapa yang memiiki intensitas kecanggungan yang ekstrem, dimana dia harus menghadapi situasi awkward setiap hari.

Seseorang dengan sifat pemalu atau tertutup dapat mudah merasa awkward. Hal ini dapat memengaruhi cara Anda berurusan dengan orang lain serta dapat berdampak pada pilihan hidup. Kegagalan dalam berinteraksi akibat rasa canggung berlebih tidak hanya akan berdampak pada kehidupan sosial seseorang, tapi juga juga dapat membatasi peluang pribadi dan profesional. Melansir laman sehatQ, berikut ini tips yang dapat dilakukan bagi Anda yang sering merasa awkward.

Mengetahui lebih dalam

Belajar lebih dalam tentang social awkwardness atau kecanggungan sosial mungkin dapat membantu Anda menerima kondisi itu adalah bagian dari diri Anda tanpa harus merasa terlalu terbebani. Carilah beberapa bahan bacaan yang mengupas mengenai kecanggungan sosial dan panduan bermanfaat untuk mengatasinya.

Jangan terlalu cemas

Setiap orang pasti memiliki saat-saat awkward sendiri. Jadi, jangan terlalu mencemaskannya saat hal ini terjadi. Tetaplah tenang, jangan terlalu memikirkan apa yang telah terjadi, dan lakukan apa yang perlu Anda lakukan meskipun situasi terasa canggung.

Hadapi kecanggungan secara langsung

Momen awkward dapat terjadi karena kesalahan sendiri atau menyaksikan kesalahan orang lain. Ketimbang menghindari atau mengabaikan apa yang sedang terjadi, cobalah untuk menghadapinya secara langsung dengan membuat komentar atau lelucon untuk kesalahan yang Anda lakukan serta hindari membahas topik yang sensitif.

Latihan berinteraksi dengan orang lain

Jika sering merasa awkward, maka perbanyak latihan berinteraksi dengan meminta bantuan dan saran dari orang dekat Anda. Ini akan membantu Anda terbiasa memulai percakapan dan komunikasi dengan orang asing.

Pusatkan perhatian pada saat ini

Mindfulness atau memusatkan perhatian dapat membantu dan bermanfaat untuk membuat Anda lebih awas dengan situasi yang sedang terjadi. Memusatkan perhatian dapat mengurangi kemungkinan terjadinya momen awkward karena Anda menjadi lebih peka terhadap apa yang ada di sekitar. Ini juga dapat membantu Anda untuk tidak terus-menerus memikirkan saat-saat awkward yang telah berlalu.

Populer video

Berita lainnya