Jangan Sembarangan! Ini Rekomendasi Takjil Sehat untuk Buka Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Takjil merupakan menu pembuka yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Seperti makanan lainnya, memilih takjil pun tidak boleh sembarangan. Faktanya, banyak orang yang justru lebih memilih mengonsumsi makanan yang hanya untuk memuaskan “nafsu” saat berbuka.

Takjil yang kurang sehat misalnya terlalu banyak gula, garam, lemak, dan lain-lain. Hal ini apat berisiko untuk mengalami gangguan kesehatan seperti diabetes, hipertensi, obesitas, hingga naiknya kadar gula dalam darah. Nah, melansir laman halodoc, berikut ini beberapa pilihan takjil sehat untuk berbuka puasa, agar Anda terhindar dari gangguan kesehatan dan puasa tetap lancar.

Kurma

Kurma merupakan buah yang mengandung gula alami dan kaya akan nutrisi, seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, zat besi, vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain menyehatkan, kurma juga bisa mencegah kamu dari makan berlebihan saat berbuka.

Es buah

Anda bisa mengonsumsi buah-buahan segar untuk berbuka. Sebab, buah mengandung gula alami dan serat yang bisa mengembalikan kadar gula dalam darah. Anda bisa memilih buah apapun yang kamu suka lalu mengonsumsinya, baik secara maupun diolah menjadi jus, sop, atau es buah. Sebisa mungkin, hindari penambahan gula atau susu kental manis dalam sajian buah yang kamu buat.

Bubur kacang hijau

Banyak studi yang telah membuktikan manfaat bubur kacang bagi kesehatan. Bahwasannya kacang hijau sangat efektif untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh (Low Density Lipid/ LDL). Kacang hijau juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Kolak pisang tanpa santan

Kolak pisang mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Gula merah pada kolak pisang juga merupakan pemanis alami yang rendah nilai indeks glikemiknya. Namun agar lebih sehat, Anda bisa mengganti santan dalam kolak dengan susu rendah lemak atau skim milk.

Populer video

Berita lainnya