Tradisi Unik di Malam Tahun Baru dari Berbagai Negara

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Merayakan Malam Tahun Baru
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak tradisi menarik dalam menyambut pergangitan tahun. Salah satunya menghitung mundur pergantian tahun hingga meluncurkan kembang api, yang sering dilakukan di banyak negara. Namun ternyata, ada juga negara yang memiliki cara unik untuk menyambut pergantian tahun baru. Nah, berikut, tradisi unik menyambut Tahun Baru dari berbagai negara.

Denmark: memecahkan piring

Tradisi Malam Tahun Baru warga Denmark dengan melempar piring yang telah disimpan sepanjang tahun di depan pintu rumah teman, keluarga, atau tetangga sekitar. Mereka percaya bahwa semakin banyak pecahan piring yang ditemukan di luar rumah keesokan paginya,semakin besar pula keberuntungan yang akan didapatkan di Tahun Baru.

Amerika Latin: memakai celana dalam berwarna

Di negara-negara Amerika Latin (atau Amerika Selatan) seperti Meksiko, Bolivia, dan Brasil, beredar tradisi yang menyatakan keberuntungan Tahun Baru ditentukan oleh warna celana dalam yang dipakai. Jadi, warna yang dipilih disesuaikan keinginan yang ingin dimiliki seseorang di tahun mendatang.

Ekuador: pembakaran orang-orangan sawah

Pada Malam Tahun Baru, warga Ekuador banyak yang membakar orang-orangan sawah, dibuat dari pakaian bekas yang diisi koran atau serbuk gergaji dan ujungnya dipasang topeng yang mewakili tokoh-tokoh tertentu. Tokohnya biasanya terdiri dari para pelaku politik, artis, penyanyi atau tokoh terkenal lainnya.

Selain itu, penduduk Ekuador juga kerap membakar foto-foto lama yang mewakili kenangan buruk mereka sebagai tradisi Malam Tahun Baru. Konon, hal tersebut dianggap membantu membuang nasib buruk yang telah terjadi selama setahun terakhir.

Jepang: membunyikan 108 lonceng

Warga Jepang menyambut pergantian tahun dengan membunyikan 108 lonceng yang bergema di jalanan. Lonceng ini dibunyikan oleh seluruh kuil di Jepang sebanyak 108 kali, yang merupakan tradisi untuk menghapus 108 dosa manusia dari tahun sebelumnya, sehingga mampu membawa keberuntungan.

Spanyol: mengonsumsi 12 anggur keberuntungan

Warga Spanyol memiliki tradisi mengonsumsi 12 buah anggur, menjelang tengah malam Tahun Baru. Tradisi ini melambangkan kemakmuran dan keberuntungan yang membanjiri tahun mendatang. Rasa buah anggur tersebut – entah manis atau asam – juga memprediksi apa yang akan terjadi dalam Tahun Baru.

Italia: membuang perabotan ke luar jendela

Di beberapa kota Italia, seperti Napoli dan Johhanesburg, warganya memiliki sebuah motto yang berbunyi “Out with the old”. Motto ini dilakukan melalui tradisi membuang perabotan yang sudah tidak digunakan lagi melalui jendelanya ke luar ruangan. Tradisi ini melambangkan sebuah awal yang baru.

Untuk mencegah terjadinya cedera, warga biasanya menempelkan benda-benda lunak pada perabotnya sebelum dilemparkan ke luar ruangan.

Argentina: melemparkan kertas ke luar jendela

Jika Italia membuang prabot ke luar jendela, warga Argentina memiliki tradisi tahun baru dengan merobek-robek semua dokumen lama, kemudian membuangnya keluar jendela agar terlihat seperti sebuah confetti. Perlakuan melemparkan kertas ini melambangkan peninggalan masa lalu yang tidak boleh dikenang kembali.

Populer video

Berita lainnya