Menghadapi Rasa Pedas, Tips Ampuh Mengatasi Sensasi Lidah Terbakar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pic by Istockphoto

Rasa pedas memang dapat memberikan pengalaman kuliner yang menantang dan memuaskan bagi sebagian orang. Namun, bagi sebagian yang lain, sensasi terbakar di lidah dapat menjadi sesuatu yang cukup tidak menyenangkan. Rasa pedas dapat berasal dari berbagai sumber, mulai dari cabai hingga bumbu-bumbu pedas lainnya yang digunakan dalam masakan.

Bagi kamu yang tidak terlalu tahan dengan rasa pedas, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan sensasi pedas tersebut. Yuk, simak!

1. Konsumsi Susu atau Produk Susu

Susunan laktosa dalam susu dapat membantu meredakan sensasi pedas di lidahmu. Molekul lemak dalam susu juga membantu memecah senyawa capsaicin, senyawa yang bertanggung jawab atas rasa pedas. Minumlah segelas susu dingin atau makan yogurt setelah mengonsumsi makanan pedas untuk meredakan sensasi terbakar di lidahmu.

2. Sajikan Makanan Asam

Makanan atau minuman yang memiliki rasa asam dapat membantu mengurangi rasa pedas. Kamu bisa mencoba mengonsumsi irisan lemon atau jeruk nipis untuk mengurangi sensasi pedas pada lidah. Selain itu, tambahan cuka atau saus asam dalam masakanmu juga bisa membantu mengimbangi rasa pedas.

3. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, seperti nasi, roti, atau pasta, dapat membantu menyerap rasa pedas pada lidahmu. Karbohidrat kompleks membentuk lapisan di sekitar lidah yang dapat membantu mengurangi sensasi terbakar yang ditimbulkan oleh makanan pedas.

4. Hindari Minum Air

Meskipun tampaknya logis untuk meminum air saat lidah terasa terbakar akibat makanan pedas, namun hal ini sebenarnya tidak akan membantu mengurangi sensasi pedas. Air hanya akan memindahkan capsaicin dari satu bagian lidah ke bagian lainnya, membuat sensasi terbakar tersebut menyebar. Lebih baik kamu memilih untuk mengonsumsi susu atau minuman asam untuk meredakan sensasi pedas.

5. Tambahkan Gula atau Madu

Gula atau madu dapat membantu mengurangi tingkat kepedasan pada makanan. Kamu bisa menambahkan sedikit gula atau madu ke dalam masakanmu yang terlalu pedas atau bahkan mencoba mengisap gula atau madu murni untuk meredakan sensasi terbakar di lidah.

6. Jangan Menggosok Lidah

Ketika lidahmu terasa terbakar akibat makanan pedas, hindari untuk menggosok-gosok lidahmu dengan lidah atau gigimu. Hal ini hanya akan membuat sensasi terbakar semakin terasa. Sebaliknya, biarkan lidahmu beradaptasi dengan sensasi pedas tersebut seiring waktu.

7. Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, atau minyak zaitun, dapat membantu meredakan rasa pedas pada lidahmu. Lemak sehat ini membantu melapisi lidahmu dan mengurangi efek dari capsaicin, senyawa penyebab rasa pedas.

8. Tahan Napas

Teknik ini mungkin terdengar sedikit aneh, namun menahan napas selama beberapa detik setelah mengonsumsi makanan pedas dapat membantu mengurangi sensasi terbakar pada lidah. Ketika kamu menahan napas, udara panas yang berada di sekitar lidahmu akan berkurang, sehingga mengurangi sensasi terbakar tersebut.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan kamu dapat mengatasi sensasi pedas pada lidah dengan lebih mudah. Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki tingkat toleransi yang berbeda terhadap rasa pedas. Jadi, selalu perhatikan batasan kenyamananmu saat mengonsumsi makanan pedas. Selamat mencoba!

Populer video

Berita lainnya