Begini Cara Ampuh Mengontrol Kemarahan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Marah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang pasti pernah merasa emosi dan meluapkannya dengan marah. Hal ini terbilang wajar dan manusiawi terjadi. Namun, kondisi ini sering terjadi, tentunya perlu dilakukan kontrol yang baik. Tujuannya agar amarah tak merugikan diri dan orang lain. Melansir laman halodoc, berikut ini tips mengontrol kemarahan agar tidak berlebihan.

Ambil napas panjang

Ketika sedang kesal, cobalah untuk menenangkan diri sejenak dengan mengambil napas panjang lalu keluarkan. Lakukan hal tersebut beberapa kali sampai emosi mereda. Setelah sudah bisa berpikir jernih, cobalah ungkapkan rasa frustasi yang dirasakan dengan tegas tetapi tidak konfrontatif. Katakan hal tersebut tanpa menyakiti orang lain.

Tenangkan diri

Ketika kemarahan sudah memuncak, cobalah untuk beristirahat sejenak di tempat sepi sambil menenangkan diri. Cara mengontrol kemarahan ini terbilang efektif untuk meredam emosi. Sebab, jika tetap meneruskan aktivitas yang sedang dilakukan, masalah yang terjadi dapat lebih besar dan situasi semakin buruk.

Lakukan aktivitas fisik

Hal ini dapat membantu diri untuk mengurangi perasaan stres yang menimbulkan emosi. Jika rasa emosi terus naik, cobalah untuk melakukan jalan cepat atau naik-turun tangga. Dengan begitu, perasaan tertekan tersebut dapat menghilang.

Basuh wajah

Cara lainnya untuk mengontrol kemarahan melalui mendinginkan tubuh dengan cara membasuh wajah. Cobalah untuk pergi ke kamar mandi sejenak dan basuh wajah dengan air dingin. Dengan begitu, suhu tubuh yang meningkat saat sedang emosi dapat menurun.

Populer video

Berita lainnya