Ketahui Vitamin Terbaik untuk Membantu Turunkan Berat Badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penyebab Program Diet Gagal
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, salah satunya melalui asupan vitamin yang cukup setiap hari. Untuk diketahui, Vitamin merupakan senyawa yang membantu tubuh kita melakukan proses yang membuat kita tetap hidup.

Vitamin juga membantu dalam segala hal, mulai dari metabolisme tubuh, membuat kita tertidur, menyembuhkan luka, membangun otot, mempertahankan tingkat energi, serta memproses makronutrien seperti karbohidrat, lemak, dan protein.

Semua fungsi ini berperan dalam seberapa efisien kita dapat menurunkan berat badan. Para ahli diet pun membagikan daftar vitamin yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Lantas vitamin terbaik apa yang dapat membantu menurunkan berat badan? Berikut penjelasannya:

Vitamin D

Vitamin D sangat berperan dalam banyak fungsi tubuh. Kekurangan vitamin D justru dikaitkan dengan kesehatan metabolisme yang buruk. Sehingga dapat mengubah sensitivitas insulin, yang menentukan gula darah, dan mengubah kadar hormon, yang menentukan tingkat kelaparan kita, leptin.

Vitamin ini juga penting untuk membangun dan mempertahankan tubuh yang kuat, karena kepadatan tulang yang rendah sering dikaitkan dengan kadar vitamin D yang rendah.

Ada pun cara terbaik mendapatkan vitamin D adalah melalui makanan seperti ikan berlemak sehat seperti salmon, makarel, dan teri. Selain itu, kuning telur, daging tanpa lemak, dan susu juga mengandung sejumlah vitamin D.

Vitamin B12

Bagian dari vitamin B ini memainkan peran penting dalam metabolisme lemak kita melalui hati.B12 mungkin sulit didapat jika kita mengikuti pola makan yang sebagian besar berbasis tanaman. Pasalnya, konsumsi vitamin ini lebih banyak berasal dari produk hewani seperti daging sapi dan ikan.

Mereka yang mengikuti pola makan vegan atau vegetarian mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli diet tentang suplementasi. Orang dewasa disarankan untuk mendapatkan sekitar 2,4 mikrogram vitamin B12 setiap hari.

Zinc

Vitamnin ini membantu metabolisme karbohidrat dan lemak, mengubah sumber bahan bakar ini menjadi energi yang dapat digunakan. Zinc juga berperan menjaga massa otot tanpa lemak. Semakin banyak massa otot yang dimiliki, semakin banyak kalori yang kita bakar, karena otot membutuhkan lebih banyak energi untuk tetap hidup daripada lemak.

Di samping itu, kelenjar tiroid juga membutuhkan zinc untuk membantu memproduksi hormon, yang penting dalam metabolisme.

Magnesium

Magnesium berperan dalam memproses makanan dan mengubahnya menjadi energi. Disarankan untuk mendapatkan setidaknya 400-420 mikrogram magnesium per hari.

Kekurangan magnesium sangat umum terjadi karena magnesium ditemukan dalam beberapa makanan dalam jumlah kecil. Kita dapat menemukan magnesium dalam biji labu, almond, kakao, alpukat, dan kacang hitam.

Yodium

Vitamin ini sangat penting untuk fungsi tiroid yang tepat. Tiroid bertanggung jawab atas produksi beberapa hormon dan kontrol metabolisme. Menariknya, makanan olahan biasanya mengandung garam beryodium, jadi jarang sekali kekurangan yodium jika kita mengonsumsi makanan olahan.

Selain itu, yodium juga dapat ditemukan dalam makanan laut seperti tuna, tiram, dan udang, rumput laut, serta telur dan susu. Disarankan untuk mendapatkan sekitar 150 mikrogram yodium setiap harinya.

Populer video

Berita lainnya