Tanpa Disadari Hal Ini Bisa Menyebabkan Sariawan, lho

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sariawan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sariawan memang menjengkelkan. Tak hanya menyebabkan penderitanya kesulitan untuk makan, berbicara pun menjadi tidak beraturan. Kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari kurang asupan nutrisi, konsumsi makanan asam atau pedas, kebiasaan merokok, hingga penggunaan obat-obatan tertentu.

Selain itu, ternyata ada juga hal lain yang tanpa disadari dapat menyebabkan sariawan. Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya sariawan.

Sikat gigi terlalu keras

Saat menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar, Anda dapat melukai gusi dan permukaan dinding rongga mulut. Luka inilah yang dapat berujung pada munculnya sariawan.

Luka tergigit

Bibir, lidah, atau bagian dalam pipi kadang tanpa sengaja tergigit saat bicara atau makan. Hal ini akan menyebabkan luka, yang kemudian bisa berkembang menjadi sariawan. Luka di dalam mulut juga dapat terjadi akibat tertusuk duri ikan, tusuk gigi, atau terkena alat makan.

Pemakaian kawat gigi

Pemakaian kawat gigi juga sering kali menimbulkan sariawan. Hal ini karena bagian tepi atau ujung kawat gigi dapat menggesek permukaan dalam pipi sehingga menimbulkan luka dan sariawan. Selain kawat gigi, pemakaian gigi palsu yang tidak pas juga bisa menyebabkan sariawan.

Buruknya kebersihan mulut

Kurangnya terjaganya kebersihan gigi dan mulut dapat menyebabkan berbagai kuman bersarang di dalam mulut dan menyebabkan infeksi. Sariawan dapat muncul ketika infeksi bakteri ini menimbulkan peradangan dan luka di rongga mulut.

Rasa cemas dan stres

Perasaan cemas dan stres sering kali tidak disadari dapat memudahkan munculnya sariawan. Tidak hanya beban emosional, beban fisik yang menyebabkan tubuh kelelahan juga dapat menimbulkan sariawan.

Populer video

Berita lainnya