Begini Cara Menikmati Kopi yang Baik bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Minum Kopi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang digemari masyarakat. Hal itu dapat dilihat dari menjamurnya kedai-kedai kopi yang menawarkan konsep unik agar masyarakat makin betah menghabiskan waktunya ditemani dengan segelas kopi favorit. Selain menjadi bagian dari gaya hidup, minum kopi memang bisa menjadi mood boster agar lebih bersemangat ketika menjalankan aktivitas.

Namun, Anda tetap harus memerhatikan beberapa aspek dari rutinitas meminum kopi agar tidak membahayakan kesehatan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati kopi tanpa khawatir akan memberikan dampak berbahaya untuk kesehatan. Melansir dari siaran pers Shoppepay, berikut ulasannya.

Hindari minum kopi setelah bangun tidur

Tidak sedikit orang yang mengonsumsi kopi tepat setelah bangun dari tidur. Hal ini mereka lakukan dengan tujuan agar tubuh cepat terjaga untuk beraktivitas. Namun nyatanya, meminum kopi setelah bangun tidur tidak disarankan karena bisa memengaruhi kesehatan. Minum kopi setelah bangun tidur dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh yang akan berakibat pada meningkatnya stres dan kecemasan.

Alih-alih ingin semangat menjalani hari, kamu justru akan merasa gelisah ketika memulai hari. Sebaiknya, minum air putih yang cukup setelah bangun tidur, serta berikan jeda sekitar satu sampai dua jam jika ingin meminum kopi. Dengan begitu, peran kafein dalam tubuhmu akan bekerja optimal dan kamu dapat menjalankan aktivitas dengan tetap terjaga.

Ketahui takaran kopi yang tepat

Minum kopi juga harus dengan takaran yang tepat. Asupan kafein yang berlebihan bisa mengurangi manfaatnya secara keseluruhan serta menimbulkan efek samping yang dapat merugikan tubuh. Untuk menghindari hal tersebut, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi kafein tidak lebih dari 1,1 mg per pon (2,5mg per kg) berat badan setiap harinya.

Kurangi penggunaan gula

Gula identik dengan penyakit serius seperti obesitas dan diabetes, sehingga mengurangi penggunaan gula sangat dianjurkan ketika meminum kopi. Sejatinya, karakter dan cita rasa dari masing-masing kopi juga akan terdominasi oleh rasa manis jika menggunakan gula yang berlebihan. Bagi yang tidak terbiasa minum kopi tanpa gula, Anda tetap bisa menikmati rasa kopi yang otentik dengan mengurangi kadar gula pada kopi secara bertahap.

Pilih biji kopi yang berkualitas

Biji kopi yang berkualitas tentu akan menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat. Jangan sembarang pilih, biji kopi dengan kualitas baik memiliki aroma yang khas serta warna dan fisik yang sempurna.

Populer video

Berita lainnya