Ini Resep Agar Hubungan dengan Pasangan Langgeng

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki hubungan yang sehat dan langgeng dengan pasangan tentu menjadi keinginan setiap orang. Namun realitanya, tidak sedikit pasangan suami istri yang bertengkar sehingga hubungan mereka terasa hambar. Celakanya lagi jika kondisi itu semakin buruk dan berujung pada perpisahan.

Masalah dan tantangan wajar terjadi dalam sebuah pernikahan. Pertanyaannya, bagaimana menghadapi situasi itu agar hubungan dengan pasangan tetap langgeng. Melansir laman halodoc, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan bersama pasangan agar hubungan kalian tetap sehat dan langgeng.

Hindari berbohong sekecil apa pun

Retaknya suatu hubungan rumah tangga dapat terjadi bila Anda dan pasangan sudah mulai berbohong satu sama lain. Ingat apa kata peribahasa, sepandai-pandainya bangkai ditutupi, baunya pasti akan tercium juga. Kunci utama di sini adalah dengan menaruh rasa percaya pasangan dan saling terbuka akan apa pun masalah yang kalian hadapi.

Jauhi sifat egois

Anda dan pasangan harus rela mengesampingkan ego masing-masing demi kepentingan bersama. Bukan berarti harus selalu mengalah, tapi tidak segan untuk minta maaf bila melakukan kesalahan. Selain itu, jangan pula membesar-besarkan atau mengungkit kesalahan pasangan demi keharmonisan rumah tangga.

Bedakan posesif dan perhatian

Memberikan perhatian pada pasangan memang wajar dan sudah seharusnya, tetapi hindari terlalu mengekang pasangan (posesif). Saat perhatian yang diberikan sudah melewati batas wajarnya, pasangan pun akan merasa tidak nyaman, begitu juga sebaliknya. Bila pasangan sudah mulai posesif, ada baiknya dibicarakan dan mulailah untuk berkomunikasi.

Sayangi pasangan seperti halnya Anda ingin disayangi

Anda tentu senang bila pasangan peduli dan sayang? Dirinya yang selalu ada saat kita membutuhkannya, menyemangati, dan memberikan perhatian pada kita. Dengan begitu, tips langgeng bersama pasangan adalah dengan mendengarkan pasangan, dan memberikan rasa peduli pada pasangan dapat dilakukan agar hubungan tetap harmonis.

Jaga komunikasi tetap berkualitas

Berdasarkan penelitian Wall Street Journal, konflik yang terjadi yang menyebabkan pasangan tidak bahagia adalah karena tidak adanya komunikasi yang baik. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan cara komunikasi dengan cara:

  • Membicarakan masalah yang ada secara terbuka dan dengan rileks. Ingat, pasangan bukan cenayang yang sudah bisa mengetahui perasaan kamu lebih dulu sebelum kamu memberitahunya.
  • Jika memang harus berdebat, maka lakukan dengan baik untuk menghasilkan solusi.
  • Belajarlah untuk mendengarkan pasangan. Salah satu kunci hubungan yang langgeng bersama pasangan adalah dengan sedikit berbicara dan lebih banyak mendengarkan. Dengan begitu, kamu bisa lebih memahami perasaan pasangan kamu dan apa yang ia butuhkan.

Ciptakan momen romantis

Tidak semua orang mempunyai bakat untuk bisa menciptakan suasana yang romantis dengan pasangan. Namun, Anda dapat mencobanya dengan hal-hal kecil yang membuat hati pasangan senang, seperti misalnya memberikan senyuman yang tulus, mengungkapkan cinta melalui kata-kata, mengatur waktu berdua walaupun kamu dan pasangan mempunyai kesibukan masing-masing, dan mulai untuk merencanakan piknik bersama keluarga.

Hormati batasan dan privasi

Perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini memudahkan kita untuk saling melacak dan terus berkomunikasi. Namun, membiarkan satu sama lain untuk memiliki privasi bisa meningkatkan keharmonisan dalam hubungan, karena hal itu membangun rasa saling percaya.

Bertengkar yang sehat

Menjaga keberlangsungan pasangan bukan dengan menghindari konflik sama sekali. Justru konflik dibutuhkan untuk kesehatan hubungan. Namun, bertengkarlah secara sehat bila terjadi konflik.

Populer video

Berita lainnya