Tips Jitu Mengatasi Sakit Perut Secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Sakit Perut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sakit perut adalah nyeri yang biasanya tidak berlangsung lama. Namun kondisi ini tentunya sangat mengganggu Anda. Apalagi dalam intensitas parah, penanganan diperlukan karena bisa saja dipicu oleh kondisi medis lain. Sakit perut umumnya ditandai dengan rasa mulas, refluks asam, mual, kembung, dan bersendawa. Dalam intensitas ringan sejumlah gejala tersebut dapat diatasi dengan cara alami berikut ini, seperti dilansir dari laman halodoc.

Konsumsi yogurt

Kandungan di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun, cara ini tidak disarankan bagi seseorang yang mengidap intoleransi laktosa, karena yoghurt berasal dari susu sapi yang difermentasi.

Minum banyak air putih

Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Dehidrasi membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif, yang meningkatkan kemungkinan sakit perut.

Hindari posisi berbaring

Saat berbaring, asam di perut cenderung ke atas, sehingga menyebabkan refluks. Jika penyebabnya adalah aliran asam, kamu perlu menghindari posisi ini hingga rasa sakit benar-benar membaik.

Mandi atau gunakan bantalan pemanas

Panas dapat mengendurkan ketegangan otot dan meredakan gangguan pencernaan. Mandi atau menggunakan bantalan pemanas juga dapat membantu meringankan gejala sakit perut.

Hindari rokok dan alkohol

Merokok dapat mengiritasi tenggorokan dan meningkatkan kemungkinan sakit perut. Jika pengidap sampai muntah, merokok dapat mengiritasi jaringan lunak yang sakit akibat asam lambung berlebihan. Sedangkan alkohol, zat tersebut sulit dicerna sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada hati dan lapisan perut.

Populer video

Berita lainnya