5 Olahraga yang Aman DiLakukan pada Malam Hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Olahraga di Malam Hari
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menurut studi pada Journal Of Sleep Research menunjukkan bahwa olahraga malam dengan intensitas sedang hingga tinggi tidak mengganggu kualitas tidur seseorang. Bahkan, olahraga pada malam hari justru bisa membantu anda tidur lebih nyenyak.

Selain itu, olahraga pada malam hari juga mencegah anda dari risiko serangan panas (heat stroke) ketika melakukan aktivitas fisik di bawah panas terik matahari. Namun, kegiatan ini tak bisa dilakukan sembarangan. Salah-salah, anda justru kelelahan atau cedera yang bisa berimbas pada kualitas tidur. Melansir laman helloSEHAT, berikut ini macam-macam olahraga malam hari yang aman dilakukan.

Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang terbilang cukup aman dilakukan pada malam hari. Gerakan yoga bisa membantu melepaskan lelah dan membuat tubuh serta pikiran rileks sebelumtidur. Anda bisa melakukan pose yoga yang mudah dan sederhana, seperti child’s pose atau forward fold.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan penat, jenis olahraga malam hari ini juga bisa melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan sehingga tidur pun akan nyenyak.

Jalan santai

Jalan kaki bisa menjadi salah satu alternatif olahraga malam hari yang juga aman. Apalagi jika anda termasuk pribadi yang jarang bergerak pada siang hari. Ada banyak manfaat jalan kaki bagi kesehatan fisik maupun mental, mulai dari membantu menurunkan berat badan, melawan stres dan depresi, hingga sebagai sarana meditasi mengusir pikiran negatif sebelum beranjak tidur.

Fitness

Pilihan berikutnya adalah fitness, atihan angkat beban, atau latihan kekuatan di gym setelah pulang bekerja. Banyak kalangan pada masa kini yang mengatur waktu untuk olahraga setelah melakukan rutinitas hariannya. Namun, sebaiknya hal ini dilakukan dengan intensitas yang ringan.

Tai chi

Tai chi adalah gabungan seni dan olahraga kebugaran yang bertujuan melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Gerakan-gerakan taichi menyerupai aliran air yang tenang. Itulah mengapa orang yang berlatih tai chi akan perlahan-lahan memasuki kondisi yang sangat rileks layaknya sedang bermeditasi.

Jika anda melakukan olahraga ini pada malam hari, tubuh akan merasakan manfaat gerakan tai chi, antara lain memperlancar aliran darah ke otak, meningkatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak, dan tubuh pun jadi lebih rileks.

Latihan pernapasan

Jika sudah merasa sangat lelah untuk melakukan macam-macam olahraga malam hari seperti di atas, latihan pernapasan juga bisa memberikan manfaat maksimal sebelum tidur. Latihan pernapasan dalam bisa anda lakukan sambil berbaring di tempat tidur atau duduk tegak sehingga kondisi tulang punggung lurus.

Lakukan pernapasan perut dengan menarik napas dalam, lambat, dan berkelanjutan. Tarik napas perlahan, tahan, dan buang napas secara perlahan pula. Latihan pernapasan membuat pikiran rileks untuk beristirahat dan mempersiapkan aktivitas pada hari berikutnya.

Populer video

Berita lainnya